Pagar itu Pencitraan Trump
Komentar Ft Komentar, Terbaru

Pagar itu Pencitraan Trump

Hery, June 4, 2018:
Pak Dahlan sering berkenalan dengan orang-orang baru lengkap dengan profesi dan asalnya. Jadi penasaran. Kalau pak Dahlan memperkenalkan diri sebagai apa? Mantan mentri? Mantan direktur bumn?Bos koran.. atau.. apa?

KOMENTAR DISWAY:

Kebetulan orang Amerika itu beda: kurang hobi menanyakan latar belakang pribadi seseorang. Apalagi sayalah yang terus banyak bertanya. Hahahaha… habis waktu mereka untuk bertanya.

Dalam rapat-rapat resmi juga tidak perlu memperkenalkan diri. Sebelum menyetujui untuk bertemu mereka sudah googling: siapa saya.

Kebetulan di Google saya sudah ditampilkan dengan sangat telanjang. Sisi-sisi buruknya juga ada. Lepas benar atau setengah benar atau tidak benar.

Di Amerika berbeda dengan di Jepang. Tentu saya menyiapkan kartu nama. Satu kotak kecil. Tapi utuh. Tidak berkurang satu pun. Saya termasuk yang tidak hoby membagi kartu nama.

Di Jepang beda sekali. Ketemu siapa pun harus memberi kartu nama. Saya pernah ke Jepang membawa satu kotak: tidak cukup. Kunjungan berikutnya membawa dua kotak: tidak cukup. Akhirnya saya tahu: harus tiga kotak.

Sebagai orang yang punya kebiasaan salaman, saya pernah kecele. Di Jepang. Waktu lawan bicara mengajukan tangan saya sambut dengan telapak tangan saya. Ternyata ia mengajukan kartu nama. Tidak perlu salaman. Tapi sudah terlanjur. Saya ajak ia salaman. Baru tukar kartu nama.

—-

Julung Darmanto, June 4, 2018:

Kalau ke perbatasan Meksiko liput juga tentang pagar pembatas yang dibangun Donald Trump.

KOMENTAR DISWAY:

Memang Trump berjanji akan bangun tembok perbatasan dengan Meksiko itu. Di tahun pertama. Atas biaya yang ditagihkan ke Meksiko.
Sampai hari ini belum ada yang dilaksanakan. Sepotong pun.

Yang sudah dilakukan adalah pencitraan: membangun contoh-contoh desain tembok itu. Ada beberapa desain. Bisa dilihat di google. Tapi desain yang mana yang terpilih belum ada putusan. Seandainya sudah ada putusan pun masih sulit dilaksanakan.

Trump selalu menyalahkan parlemen. Yang tidak mau menyediakan anggaran. Lho bagaimana dengan biaya yang ditanggung Meksiko? Tentu ini bagian omong kosong yang begitu nyaring itu.

Apalagi bulan depan Meksiko Pemilu. Tokoh yang akan menang kayaknya yang sudah dua kali nyapres tapi gagal itu.

Kalau betul ia yang menang maka akan ada dua Trump. Satu di Amerika satunya lagi z.
di Meksiko.

Jargon capres ini sama dengan Trump: Mexico First! Gayanya juga mirip.

—-

Ranggi reksa, June 4, 2018:

Maaf pak dahlan… Sebenarnya apa sih definisi dari lilo?

KOMENTAR DISWAY:

Definisi lilo adalah: ได้รับใจทั้งหมดไม่ว่าอะไรจะเกิดขึ้น.

—-

Agung Setyawan, June 4, 2018:

Biasanya level persaudaraan di masjid kecil dengan jumlah jamaah yang minimalis itu nampak lebih erat dan tulus, bagaimana menurut pak Disway?

KOMENTAR DISWAY:

Anda benar sekali. Saya juga ke beberapa masjid yang lebih besar: terasa individualistisnya. Cuek bebek.

Saya harus mengeluarkan banyak jurus untuk bisa bertanya. Dan untuk bisa mendapat jawaban.

Makanannya pun dari catering. Jumlahnya terbatas. Jenisnya juga. Sedang di masjid kecil ibu-ibunyalah yang masak. Yang laki-laki tinggal menata dan melayani. Itu sudah seperti hukum alam. Di negara mana pun. Di agama apa pun.

Kesimpulan saya yang lain: di mana-mana banyak orang baik. Tapi ada juga yang kurang baik. Di negara mana pun. Di agama apa pun. (dis)

10 June 2018

About Author

dahlan iskan


8 COMMENTS ON THIS POST To “Pagar itu Pencitraan Trump”

  1. “di mana-mana banyak orang baik. Tapi ada juga yang kurang baik. Di negara mana pun. Di agama apa pun” 4 kalimat pendek yg ditulis dari pengalaman hidup yang sangat panjang…. 👍

  2. Definisi lilo dalam bahasa Thai mendalam dan tepat sekali, kebetulan saya sedikit bisa bahasa Thai.

  3. Wow..jadi tertarik dg pilpres Mexico, mirip dengan salah satu calon disini dong ya hehe..semoga hasilnya sama. Ada perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,339 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: