Akhirnya baru pada tahun 2018 ini Dahlan Iskan punya wesite pribadi. Namanya ”disway”.

Memang begitu banyak blog dan sejenisnya yang menggunakan nama Dahlan Iskan atau Iskan Dahlan. Tapi itu bukan.

Dahlan tidak pernah mempersoalkannya. Isinya sangat ok. Mengambil dari tulisan-tulisan Dahlan di berbagai koran. Bahkan Dahlan mengucapkan terima kasih. Dan bertekad tidak perlu lagi punya website pribadi.

Tapi sejak akhir tahun 2017 Dahlan tidak lagi menulis di koran. Padahal jarinya gatal kalau tidak menulis.

Teman-temannya mengusulkan agar Dahlan terus menulis. Ada yang membantunya mendesainkan website. Termasuk mencarikan nama domain-nya itu: disway.id.

Ejaan yang asli sebenarnya DI’sWay. Tapi domain name tidak boleh seperti itu.

Dahlan merasa sangat cocok dengan nama itu. Itu pernah jadi judul buku. Ketika kakaknya komikus Abel, Eries Adlin, menulis buku tentang Dahlan Iskan pada tahun 2014. Dahlan akan minta ijin Adlin untuk menggunakan judul bukunya sebagai nama situs disway.id.

Kapan disway.id akan mulai terbit? Dan mulai bisa diakses? Teman-teman Dahlan mengusulkan tanggal 9 Februari 2018. Tepat di Hari Pers Nasional.

Dahlan memang tokoh pers. Bahkan masih menjabat Ketua Umum Serikat Penerbit Suratkabar Indonesia. Sampai sekarang.

Saat teman-temannya menyiapkan webste disway.id ini sebenarnya Dahlan lagi sakit. Masuk rumah sakit di Madinah. Ketika lagi umroh. Lalu masuk rumah sakit di Surabaya. Akhirnya masuk rumah sakit di Singapura.

Diagnosanya mengejutkan: aorta dissection. Mengancam kematiannya. Untuk ketiga kalinya. Setelah operasi ganti hati, menabrak mobil listrik ke tebing, dan kini aorta dissertion.
Kini Dahlan menjadi manusia setengah bionic.

Bagaimana kisahnya? Cerita itulah yang akan dimunculkan di hari pertama penerbitan disway.id. Ditulis secara serial selama 10 hari.

Berikutnya Dahlan diminta untuk terus menulis di disway.id agar bisa diakses siapa saja. Termasuk oleh media apa saja yang akan mengutipnya.

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 797 other subscribers

Menu
EnglishIndonesian
Scroll to Discover
back to top
Image Alt

DI'S WAY

  /  Catatan Harian   /  Melorot Karena Sewot

Saham Tesla tiba-tiba jatuh lima persen. Dalam satu hari. Kemarin. Aneh. Nilai kejatuhan itu mencapai sekitar Rp 7 triliun.

Tidak ada yang tahu kenapa boss Tesla, Elon Musk, begitu sewot hari itu. Yang justru menjadi penyebab jatuhnya harga saham yang mengejutkan tersebut.

Baru kali ini Elon Musk begitu sewot. Terbaca oleh publik. Oleh para pembeli saham. Yang selama ini begitu fanatik pada Elon Musk. Bahkan di saat Tesla terus merugi. Tiap tahun. Bahkan mencapai puncaknya triwulan pertama tahun ini: rugi hampir Rp 10 triliun. Tepatnya USD 785 juta. Dua kali lipat dari kerugian triwulan pertama tahun lalu.

Kesewotan seorang CEO ternyata begitu mahal harganya. Bukan harga saham saja yang jatuh. Masa depan perusahaan dipertanyakan. Bahkan ada analis yang garang: jangan-jangan ini pertanda akan bankrut.

Sudah tertanam dalam benak publik: seorang CEO itu harus murah senyum, cerdas, tenang, tidak mudah terpancing isu, raut mukanya tidak mudah terbaca, pandai berkelit, sangat jarang menampakkan kejengkelan –apalagi marah, trampil dalam dialog dan pintar dalam mengemukakan gagasan. Dan entah apalagi. Sejenis itu.

Tapi Elon Musk begitu emosi hari itu. Saat dilakukan telekonferensi dengan para investor itu. Dengan para analis pasar modal itu.

Di Amerika peristiwa sewot ini menggoncangkan Wall Street. Bahkan sampai ada yang mempertanyakan: pantaskah Elon Musk menjadi seorang CEO? Bukan sudah waktunyakah Tesla punya CEO baru?

Para die hard Elon Musk tidak terima. Mereka menyerang balik. Para analislah yang menjadi penyebabnya.

Sebagian analis, juga wartawan, memang cerdas. Kata mereka. Tapi itu sebagian kecil. Mayoritas hanya sok pintar dan egois. Itu yang membuat Elon Musk sewot. Begitulah kira-kira rangkuman situasinya.

Inilah yang terjadi hari itu, Rabu lalu:
Elon Musk sudah menjawab beberapa pertanyaan dari penelepon. Yang bisa diikuti oleh mereka yang bergabung di jaringan telepon itu.

Lalu ada penelepon yang mulai menanyakan sisi keuangan Tesla. Namanya Bernstein dari perusahaan securitas Toni Sacconaghi. Dia bertanya soal pembelanjaan ke depan dan uang yang masih diperlukan Tesla.

Beirnstein belum selesai bertanya. Elon Musk sudah memotongnya.
”Penanya berikutnya, silakan,” potong Musk.

Lalu analis Joseph Spak dari securitas terkenal RBC Capital Market bertanya. Berapa sebenarnya pembeli Tesla Model 3 yang sudah menerima mobilnya.

Belum juga Spak selesai bertanya Musk sudah menyela: tidak mau lagi menerima pertanyaan yang kering dan membosankan seperti itu.
”Kalian semua membunuh saya,” kata Musk.

Tegang. Serba gak enak. Lebih-lebih Musk kemudian menyilakan YouTube yang bertanya. Tentang teknologi Tesla. Termasuk teknologi masa depannya.

Musk menjawabnya dengan antusias. Bahkan lebih dari 10 pertanyaan. Berturut-turut. Lama sekali.

Satu jam kemudian seorang analis masuk ke jaringan telepon. Tidak langsung bertanya. Hanya mengatakan mengapa Musk harus menjawab pertanyaan.

Begitulah hukum pasar modal. Pertanyaan apa pun harus dilayani.

Ibaratnya, ini kata-kata saya, perusahaan itu kalau sudah go public celana dalam pun harus diperlihatkan. Kalau ditanyakan.

Tapi Musk masih juga kelihatan sewot. Tidak mengomentari telepon tersebut. Dia justru ngomel sendiri. Soal bocornya beberapa rahasia perusahaan.

Misalnya bagaimana pabrik Tesla ternyata harus berhenti produksi. Selama 10 hari. Karena peralatan baru. Yang semi otomatis. Yang harus dipasang. Mengalami kesulitan. Di sektor pemasangan baterai.

Akibatnya produksi Model 3 terhambat. Janjinya meleset. Tidak bisa memproduksi 5.000 mobil perminggu. Jauh dari itu.

Itu yang membuat pasar modal ragu. Apakah janji Tesla yang lain akan terpenuhi: sudah bisa untung akhir tahun ini.

Hari itu Musk seperti tidak bisa menahan diri. Sialnya, tidak ada di antara eksekutifnya yang turun tangan. Menetralkannya. Ini pasti akan jadi bahasan kasus di seminar-seminar public relation. Maupun seminar manajemen.

Lihatlah bagaimana Musk masih terus sewot. ”Kalau memang masyarakat terpaku pada fluktuasi mestinya tidak usah beli saham Tesla,” katanya. ”Saya di sini tidak untuk mendorong Anda membeli saham (Tesla),” katanya lagi. ”Jangan beli saham (Tesla), kalau takut itu.”

Dooor!!!

Besoknya harga saham Tesla turun drastis. Lima koma enam persen. Dalam sehari.

Sebagai penggemar Tesla saya berdoa untuk yang terbaik. Apalagi saya tahu Tesla sedang mematangkan rencana membangun pabrik barunya di Shanghai.

Rambo akan ketemu Kungfu Panda. Di bidang mobil listrik.(dis)

Comments: 14

  • Agusaifudin

    May 5, 2018

    Quote of the day : perusahaan itu kalau sudah go public celana dalam pun harus diperlihatkan

    reply
  • Ahmad Zuhri

    May 5, 2018

    Wow…itu baru CEO,apalagi Presiden ya..

    reply
  • panji

    May 5, 2018

    Pertamax

    reply
  • julungdarmanto@gmail.com

    May 5, 2018

    5%=7T

    reply
  • May 5, 2018

    hahahahaha, jadi inget kaos, tapi begitulah seorang pemimpin, ceep calm and confident

    reply
  • rahmi

    May 5, 2018

    Menurutku sih wajar dia sewot dengan pertanyaan2 tidak penting/dangkal. Kalau investornya ga yakin ngapain beli sahamnya. Harusnya pertanyaannya teknis bersifat optimisme misal gebrakan apalagi yang akan dilakukan Tesla atau bagaimana Tesla menghadapi pesaing potensial dll.

    reply
  • Sil

    May 5, 2018

    Setelah melorot masih sewot ndak ya

    reply
  • Al

    May 5, 2018

    CEO hebat emang gitu. Steve Jobs jauh lebih parah. Larry Ellison bahkan gak mau diwawancara. Trump (yg paling parah) bahkan bisa jadi presiden. Jaman mulai berubah.

    reply
  • indra bin sapto

    May 5, 2018

    musk kuwalat,,,dia bukan pendiri tesla, dia menyingkirkan pendiri tesla sebenarnya

    reply
  • Ali Salim

    May 5, 2018

    Industri otomotif bertenaga listrik saat ini memang sedang galau. Produksi mobil hemat bensin kini lebih difavoritkan. Manusia modern memang butuh kendaraan yang lebih cepat, lebih jauh dan lebih nyaman. Mobil listik justru sebaliknya, masih tetap dengan gaya manja, lamban dan rumit. Kalau tidak ditemukan teknologi yg bisa menyimpan listrik lebih lama dan lebih banyak dalam perut mobil listrik, maka kendaraan bertenaga bahan bakar fosil masih tetap dominan dalam 20 tahun mendatang.

    reply
  • Salahuddin

    May 5, 2018

    Sudah tertanam dalam benak publik: seorang CEO itu harus murah senyum, cerdas, tenang, tidak mudah terpancing isu, raut mukanya tidak mudah terbaca, pandai berkelit, sangat jarang menampakkan kejengkelan –apalagi marah, trampil dalam dialog dan pintar dalam mengemukakan gagasan. Dan entah apalagi. Sejenis itu.

    Tampak.y inilah deskripsi kepribadian pak. DIs sebagai CEO….eehhmmm Sehat trs pak.

    reply
  • May 7, 2018

    Bagian ini paling bagus dan bener

    Lihatlah bagaimana Musk masih terus sewot. ”Kalau memang masyarakat terpaku pada fluktuasi mestinya tidak usah beli saham Tesla,” katanya. ”Saya di sini tidak untuk mendorong Anda membeli saham (Tesla),” katanya lagi. ”Jangan beli saham (Tesla), kalau takut itu.”

    Kalau main saham harus berani juga menghadapi resiko adanya fluktuasi dll

    reply
  • May 7, 2018

    MMmmmmm, jadi CEO merupakan cerminan perusahaan 🙂
    Terima kasih pencerahaanya pak

    reply
  • Afandi

    May 16, 2018

    Kondisi yang tidak baik akan membawa tingkat emosi yang tinggi pula, tapi tetap berusaha “murah senyum, cerdas, tenang, tidak mudah terpancing isu, raut mukanya tidak mudah terbaca, pandai berkelit, sangat jarang menampakkan kejengkelan –apalagi marah, trampil dalam dialog dan pintar dalam mengemukakan gagasan. Dan entah apalagi. Sejenis itu.” Keren pak Dis.

    reply

Post a Comment

%d bloggers like this: