Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hingga Akhir Pekan, Cek Wilayah dengan Curah Hujan Tertinggi Disertai Angin Kencang

Rabu 25-09-2024,08:34 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan prakiraan cuaca curah hujan di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Prakiraan cuaca BMKG ini mencangkup prediksi curah hujan yang akan terjadi selama sepekan ini atau dari 24 hingga 30 September 2024.

Wilayah Jabodetabek selama sepekan ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda-beda, mulai dari ringan hingga tinggi.

BMKG mengungkap prakiraan cuaca Jabodetabek di akun Instagram resmi mereka, sejumlah wilayah Jabodetabek bakal diguyur hujan dengan bermacam intensitas.

BACA JUGA:Jokowi Perintahkan Menhub Ubah Status Bandara Nusantara IKN

Berbagai faktor siap untuk mengubah cuaca di Jabodetabek menjadi hujan meskipun saat ini masih musim kemarau. Salah satunya adalah fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) yang diperkirakan sedang aktif di wilayah Maritime Continent (fase 4) menuju (fase 5) di wilayah Indonesia.

Selain itu, gelombang ekuator Rossby juga terlihat aktif di wilayah Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi bagian selatan, Maluku Utara, dan Papua bagian utara.

Sementara itu, gelombang atmosfer Kelvin juga diprediksi aktif di area Sumatra bagian utara, Kalimantan bagian utara, Maluku Utara, dan Papua bagian utara dalam satu minggu ke depan.

Penting untuk diingat bahwa BMKG memiliki kategori curah hujan dengan batas:

BACA JUGA:Jadwal Siaran Langsung Macau Open 2024 Hari Ini 25 September 2024, Komang-Alwi Beraksi

- Hujan ringan: 0,5-20 mm per hari

- Hujan sedang: 20-50 mm per hari

- Hujan lebat: 50-100 mm per hari

- Hujan sangat lebat: 100-150 mm per hari

- Hujan ekstrem: di atas 150 mm per hari.

BACA JUGA:Pasca Cerai dari Sarwendah, Ruben Onsu Tetap Berikan Nafkah dan Biaya Pendidikan untuk Anak-anak

Kategori :