Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh petugas haji yang berjibaku di tengah cuaca ekstrem demi memastikan jamaah mendapatkan layanan terbaik.
“Lihat sendiri jamaah kita. Lihat petugas kita yang bekerja di lapangan dengan ikhlas. Mereka juga punya keluarga dan harga diri. Jadi jangan kita pelintir seolah-olah ada yang genting,” katanya lagi.
BACA JUGA:Aturan Bagasi Kepulangan Jamaah Haji: Maksimal 32 Kg, Tanpa Zamzam dan Powerbank
Senada dengan Menag, jamaah asal Kloter 2 Lombok Tengah, Sahwan Marzuki, menyampaikan bahwa pelayanan selama di Tanah Suci berjalan dengan cukup baik. Ia bahkan menyebut makanan dan logistik yang diberikan kepada jamaah sangat cukup.
“Pelayanan bagus, makanan cukup, air lancar. Hanya saat di Mina ada sedikit kendala tenda naik ke atas, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah,” ungkap Sahwan saat ditemui di Bandara Madinah.
BACA JUGA:Safari Wukuf Sukses, Dirjen Haji: Tahun Depan Semoga Pesertanya Bisa Berkurang
Dengan klarifikasi ini, pemerintah berharap masyarakat tidak terpancing isu-isu yang tidak berdasar dan tetap mempercayai komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia. (*)