Biar Makin Luas Jangkau Konsumen, Layanan Toko Cabang Kini Berubah Menjadi 'Dilayani Tokopedia'

Biar Makin Luas Jangkau Konsumen, Layanan Toko Cabang Kini Berubah Menjadi 'Dilayani Tokopedia'

Transformasi Layanan Gudang Pintar: ‘Dilayani Tokopedia’ Fokus Jangkau Pembeli di Berbagai Kota di Indonesia!-tokopedia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Secara konsisten, Tokopedia berupaya untuk terus menghadirkan solusi dan inovasi melalui berbagai layanan, salah satunya lewat layanan logistik dan fulfillment.

Tokopedia meluncurkan layanan pemenuhan pesanan atau fulfillment service lewat gudang pintar.

Layanan yang diluncurkan sejak tahun 2019 lalu ini, kini tersebar di berbagai wilayah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang.

BACA JUGA:Tangani Perkara TPPO dengan Biaya Restitusi, Kejari Tangsel Terima Penghargaan LPSK

Layanan ini memungkinkan penjual di Tokopedia untuk menjangkau lebih banyak pembeli secara efisien dengan menyimpan stok produk di beberapa gudang pintar yang tersebar di berbagai daerah, terutama di wilayah-wilayah dengan permintaan produk yang tinggi.

Dengan begitu, penjual juga dapat terbantu dalam mengelola operasional pemenuhan pesanan, terlebih ketika terdapat lonjakan permintaan.

Kini, demi memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, layanan gudang pintar yang mulanya bernama TokoCabang telah bertransformasi menjadi Dilayani Tokopedia.

BACA JUGA:Polisi Tangkap 'Dalang' Robot Trading Fahrenheit, Modus Pelaku Terbongkar: Diam, Dapat Duit!

Menurut Erwin Dwi Saputra, AVP Logistik & Fulfillment Tokopedia, bekerja di perusahaan teknologi yang fokus pada bidang logistik perlu memiliki beberapa keterampilan.

“Seluruh inovasi yang dihadirkan oleh tim, baik itu inovasi produk maupun servis bertujuan untuk membuat kehidupan pengguna menjadi jauh lebih baik”, ujar Erwin.

Dengan budaya focus on consumer, Erwin dan tim dapat terus memahami kebutuhan konsumen sehingga dapat terus berinovasi dalam melakukan perbaikan dan pengembangan.

BACA JUGA:Bisakah Pemilu 2024 Dilaksanakan Secara E-Voting? Menkominfo Ambil Contoh Estonia dan India

Selain meningkatkan kualitas layanan, Erwin menambahkan bahwa melalui Dilayani Tokopedia dibangun sebagai sebuah infrastruktur yang dapat memungkinkan produk penjual untuk dapat lebih dekat dengan pembeli dimana pun mereka berada.

Sejalan dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Dilayani Tokopedia memiliki visi untuk menghadirkan pengalaman logistik yang merata di seluruh Indonesia, baik untuk pembeli maupun penjual.

Bagi Erwin, tantangan tersebut justru merupakan peluang baru yang dapat mendorongnya menjadi lebih baik.

BACA JUGA:2 Dosis Vaksin atau Booster untuk Syarat Boleh Mudik? Begini Kata Menko PMK

Secara konsisten, Tokopedia terus melakukan pengembangan terhadap layanannya, termasuk meningkatkan sistem pergudangan dan proses integrasi antara Tokopedia dengan sistem gudang, serta optimalisasi dari segi fasilitas pengiriman.

Dilayani Tokopedia menghadirkan fitur baru untuk menunjang layanan prioritas yang cepat dan aman. Penjual dapat menikmati layanan pengiriman bernama Tiba 4 Jam serta Bebas Ongkir Dilayani Tokopedia 0 Rupiah se-Indonesia.

Lewat dua fitur ini, penjual dapat memproses dan mengirikan pesanan di hari yang sama kepada pembeli di kota-kota seperti Bandung, Palembang, Medan, Makassar, dan Surabaya, sama seperti di kota Jakarta.

BACA JUGA:Alasan KOI Pangkas Kontingen Indonesia di SEA Games 2022

Tidak sampai di situ, layanan ini pun memberikan garansi barang tiba maksimal empat jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran.

“Kedepannya, Dilayani Tokopedia akan terus melebarkan jangkauan ke kota-kota lain demi memberikan pengalaman logistik yang merata ke seluruh nusantara,” jelas Erwin.

BACA JUGA:Anies Baswedan Berpeluang Diperiksa KPK Soal Formula E, Ali Fikri: Kami Harap Kooperatif!

“Kami ingin terus menghadirkan inovasi yang dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah, serta membantu konsumen mendapatkan pesanan lebih cepat,” terangnya.

“Dengan begitu, Tokopedia dapat selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besarnya untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital”, pungkasnya.

Sumber: