Harga Emas Jeblok Lagi, Imbas Pembicaraan Gencatan Senjata Rusia dan Ukraina

Harga Emas Jeblok Lagi, Imbas Pembicaraan Gencatan Senjata Rusia dan Ukraina

JAKARTA, DISWAY.ID - Pembicaraan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina memperpanjang turunnya harga emas pada perdagangan Selasa 15 Maret 2022. 

Selain itu juga, proses gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina mengurangi permintaan untuk aset safe-haven. 

Sementara itu, perkiraan bahwa bank sentral AS (AS) atau Federal Reserve (Fed) akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam tiga tahun telah menambah tekanan pada harga emas. 

Dikutip dari CNBC, Rabu 16 Maret 2020 Harga emas di pasar emas spot turun 1,8% menjadi $1.916,01 per ounce. Sementara itu, emas berjangka AS turun 2,2% menjadi $1.917,7. 

BACA JUGA:Nisfu Syaban, Malam Pengampunan dan Penuh Pertolongan

"Beberapa harapan samar bahwa pembicaraan antara Ukraina dan Rusia entah bagaimana mungkin mengarah pada de-eskalasi telah membebani permintaan safe-haven untuk emas," kata Ricardo Evangelista, analis senior di ActivTrades. 

Evangelista menambahkan, bahwa sementara harga emas terlihat agak tenang, situasi yang sedang berlangsung di Ukraina akan menjaga volatilitas pasar dan ketidakpastian cenderung cukup tinggi.

BACA JUGA:Simak! Ini Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling di Tangerang Kota Hari Ini, Rabu 16 Maret 2022

Harga emas akan jatuh untuk sesi ketiga berturut-turut, yang bisa menjadi penurunan beruntun terpanjang sejak akhir Januari.

Sementara The Fed diperkirakan akan menaikkan biaya pinjaman sebesar seperempat poin persentase pada akhir pertemuan dua hari pada hari Rabu.

Pengumuman yang akan datang telah membuat imbal hasil treasury 10-tahun AS meningkat dan memberi tekanan pada emas.

BACA JUGA:Enam Tim Dipastikan Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Hal itu karena kenaikan suku bunga AS meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Pergerakan kenaikan suku bunga pertama dari AS cukup sering menandakan titik rendah emas, jadi kita akan melihat sinyal seperti apa yang mereka kirim besok, dan seberapa hawkish pernyataan mereka, yang mungkin akan menentukan prospek jangka pendek dari sini, ” kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: