Lihat Gunung Anak Krakatau dari Dekat, Suharyanto: Tingkatkan Kesiapsiagaan

Lihat Gunung Anak Krakatau dari Dekat, Suharyanto: Tingkatkan Kesiapsiagaan

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto melakukan peninjauan Gunung Anak Krakatau, Kamis 29 April 2022 melalui helikopter.-BNPB-Disway.id

LAMPUNG, DISWAY.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengingatkan masyarakat yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Anak Krakatau untuk waspada.

Ini disampaikannya usai melakukan peninjauan lapangan menggunakan helikopter Bell 412 ke Gunung Anak Krakatau, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Kamis 28 April 2022.

Turut hadir Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala PVMBG Hendra Gunawan.

BACA JUGA:Erupsi Gunung Anak Krakatau Meredup, BMKG: Penyebrangan Merak-Bakauheni Aman

"Saya minta masyarakat agar menaati penetapan wilayah-wilayah yang termasuk dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Anak Krakatau," terang Suharyanto. 

KRB 1 dengan radius 7 kilometer dari puncak gunung, KRB 2 dengan radius 5 kilometer dari puncak gunung dan KRB 3 dengan radius 2 kilometer.

“Bagi masyarakat yang berada di wilayah KRB 1 agar meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktivitas di sekitar lembah singai yang berhulu di daerah puncak," tegasnya.

Sedangkan di KRB 2 diharapkan masyarakat menyiapkan diri untuk mengungsi dan menunggu perintah dari pemerintah daerah setempat.

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau Siaga, Simak Penjelasan Lengkap Dwikorita

"Ini Sesuai rekomendasi Kementerian ESDM melalui Badan Geologi,” kata Suharyanto setelah melakukan tinjauan.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, khusus wilayah KRB 3 harus kosong dan tidak boleh ada aktivitas apapun pada wilayah tersebut.

“Masyarakat di wilayah KRB 3 tidak diperbolehkan melakukan aktivitas dan mulai menyiapkan diri untuk mengungsi (jika ada penduduk),” lanjutnya.

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau Meletus 21 Kali, Abu Menjulang 300 Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: