Tips Aman Berkendara Barengan Truk, Pastikan Jaga Jarak dan Tidak Agresif

Tips Aman Berkendara Barengan Truk, Pastikan Jaga Jarak dan Tidak Agresif

Ada beberapa tips aman berkendara barengan truk, salah satunya pastikan jarak aman seta tidak melakukan pergerakan yang agresif. -saiful amri-

JAKARTA, DISWAY.ID – Selama perjalanan mudik lebaran tentunya akan bertemu dengan berbagai kendaraan sepanjang perjalanan, mulai dari kendaraan sejenis, bus hingga truk.

Ada baiknya kita dapat memahami masing masing karakter dari setiap kendaraan yang ditemui agar dapat mengantisipasi kondisi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Salah satunya dengan memahami karakter truk, dimana kendaraan ini memiliki banyak keterbatasan mulai dari pandangan pengendara hingga pengereman karena dimensinya serta beban yang dibawa.

“Selama berkendara perlu ditingkatkan kewaspadaan terutama jika berdekatan dengan truk dan pastikan terus menjaga jarak aman sehingga dapat mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” terang Ricky Martawijaya selaku Aftersales Division Head Auto2000.

BACA JUGA:Ditanya Soal MotoGP, Ucapan Bahasa Inggris Nikita Mirzani Dianggap Berantakan hingga Dikritik Habis

Terdapat 6 tips aman berkendara barengan truk, diantaranya: 

1. Jaga Jarak Aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat karena mobil kita tidak akan terlihat oleh sopirnya, hal ini disebebkan banyaknya bilnd spot pada truk terutama area belakang.

Selain itu, jika terlalu dekat membuat kita tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk. 

BACA JUGA:Marah-marah Sambil Direkam, Ustaz Yusuf Mansur Mengaku Salah: Wassalam Dah Haha!

Jaga jarak aman akan membuat kita bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti saat truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak.

Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil dapat terlihat oleh sopir truk. 

Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil kita, untuk itu pastikan selalu menjaga jarak aman dan pastikan juga untuk tidak melakukan manuver yang membuat kendaraan kita tidak terlihat oleh pengemudi truk.

BACA JUGA:Catat! Jadwal Pendaftaran hingga Tahapan Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: