Tak Perlu Berlebih-lebihan, Teladani Cara Rasulullah SAW Merayakan Idul Fitri

Tak Perlu Berlebih-lebihan, Teladani Cara Rasulullah SAW Merayakan Idul Fitri

Eid Mubarak/ Hari Raya Idul Fitri-@shameersrk-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-Sebentar lagi umat Islam akan menyambut 1 Syawal 1443 Hijriah atau berakhirnya bulan suci Ramadan, disambut dengan hari Raya Idul Fitri

Merayakan Idul Fitri atau lebaran 2022 hendaknya tidak berlebih-lebihan melainkan sebatasnya sebagaimana cara Rasulullah SAW

Ini yang diungkapkan Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr.H.Ishom El-Saha, MA.

Ishom El-Saha dalam khutbahnya melalui situs Kemenag, Sabtu 30 April 2022 mengatakan, meski telah diberi kelonggaran dalam merayakan Idul Fitri 2022. Umat Islam hendaknya merayakan dalam batas kewajaran.

"Walaupun kelonggaran diberikan kepada kita untuk merayakan Idul Fitri tahun ini, bukanlah berarti kita bebas melampiaskan kemauan kita".

BACA JUGA:Kementan: Stok Daging Sapi/Kerbau Aman Jelang Lebaran

Ia menjelaskan, kebahagiaan merayakan lebaran dengan batasan mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah SAW. 

Berikut ulasan Dr.H.Ishom El-Saha, MA tentang  cara berlebaran mengikuti Rasulullah SAW

Dengan belajar apa yang dilakukan Rasulullah Saw pada saat merayakan Lebaran, sebagaimana disebutkan dalam Kitab Zaad al-Ma'aad oleh Ibnul Qayyim; ternyata kebahagiaan merayakan lebaran ada batasannya.

Rasulullah Saw mengajak para sahabatnya untuk mengumandangkan takbir dan tahmid sebagai ungkapan rasa bahagia dan bersyukur atas nikmat Allah: itupun ada batas waktunya yakni cukup sampai khutbah kedua".

Beliau juga  terbiasa menyerukan perintah tunaikan Zakat Fitrah kepada para sahabat di pagi hari yang masih gelap gulita sampai batas waktu dikerjakannya Salat Idul Fitri. 

Hal ini berarti bahwa sesuatu yang hukumnya wajib untuk menyempurnakan ibadah puasa sekalipun, ternyata juga ada batasannya.

Idul Fitri memang penting untuk dirayakan sebagai bentuk kegembiraan ummat Islam. Allah Swt berfirman dalam Surat Yunus ayat 58;

قل بفضل الله وبرحمته فبذالك فليفرحوا

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: