Yuk Ikutan, Pendaftaran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 Sudah Dibuka, Ini Langkah-langkahnya

Yuk Ikutan, Pendaftaran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 Sudah Dibuka, Ini Langkah-langkahnya

Pendaftaran "Apresiasi Kreasi Indonesia 2022" Dibuka Hingga 7 April 2022 -dok.kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi mengadakan program bertajuk Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang pendaftarannya telah dibuka hingga 7 April 2022.

Program ini bertujuan bagi insan ekonomi kreatif Indonesia yang ingin menampilkan pesona produk kreatif dengan kearifan lokal daerah masing-masing.

Kehadiran AKI 2022 merupakan kali kedua, sebelumnya Kemenparekraf telah sukses menyelenggarakan AKI 2021 di 16 kabupaten/kota se-Indonesia.

BACA JUGA:Diplomatis, Rusia Terancam 'Ditendang' dari G-20, China: Kami Dukung Indonesia!

Hadirnya kembali program AKI diharapkan akan menjadi ruang aktualisasi dalam peningkatan kapasitas dan pembangunan relasi dengan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

“Tinggal dua pekan lagi sampai 7 April 2022, ini harus menembus 10 ribu, karena target ini kita tetapkan dengan begitu banyak permintaan dari pelaku ekraf untuk mengikuti AKI,” ujar Menparekraf.

Tercatat sampai dengan hari ini calon peserta yang telah mendaftar mencapai 4.328 orang.

BACA JUGA:Suasana Makin Mencekam, Belarusia Segera Gabung ke Rusia Gempur Ukraina

Untuk itu, Menparekraf mendorong pemerintah daerah agar lebih banyak lagi pelaku ekonomi kreatif yang berpartisipasi dalam AKI 2022, agar dapat memamerkan produk kreatif dan inovatif terbaik anak bangsa.

Sebab UMKM membuka hingga 97 persen lapangan kerja dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia.

Sementara, Berdasarkan data Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp 1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020.


Pendaftaran -dok.kemenparekraf-

“Saya ingin mengajak pemerintah daerah untuk terus menggaungkan dan mengajak pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, untuk mendaftar Apresiasi Kreasi Indonesia 2022,” ungkap Sandiaga Uno.

“Tahun lalu, kita keliling dan antusiasmenya luar biasa. Dan ini adalah suatu kesempatan UMKM untuk tampil di mall menjual produknya dan alhamdulillah rata-rata mengalami peningkatan omzet,” tambahnya.

BACA JUGA:80 Juta Masyarakat Diperkirakan Mudik Lebaran Tahun Ini, Kemenhub: Persyaratan Harus Booster

Nah, bagi insan ekonomi kreatif yang ingin mendaftarkan diri dapat mengakses laman website https://aki.kemenparekraf.go.id/. Adapun langkah-langkah pendaftarannya sebagai berikut:

1. Pilih salah satu "Kategori Pendaftaran" sesuai dengan kategori produk/karyamu;

2. Isi formulir data pribadi untuk mendaftarkan aku kamu kemudian klik "Daftar";

3. Calon pendaftar akan langsung masuk ke form pendaftaran sesuai dengan kategori yang dipilih pertama, lalu pilih kota pelaksanaan yang terdekat dari domisili;

BACA JUGA:Ramalan Zodiak, Kamis 24 Maret 2022, Virgo: Seseorang Akan Membantumu di Sepanjang Jalan

4. Setelah itu lengkapi form pendaftaran produk/karya, unggah foto dan dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan yang tertulis;

5. Setelah melengkapi form pendaftaran jangan lupa untuk mencentang dua pernyataan

tentang kebenaran informasi dan kesediaan mengikuti tahapan AKI;

BACA JUGA:Nggak Ngeh, Perempuan Ini Tersesat ke Hutan Keramat Grobogan Seorang Diri, Kira-kira Ketemu Sama Apa Ya?

6. Kemudian, klik tombol “Save” jika calon pendaftar baru melengkapi sebagian form dan akan melanjutkannya nanti. Klik tombol “Submit” jika sudah melengkapi semua bagian form dan ingin mengumpulkannya;

7. Setelah form berhasil dikumpulkan, maka pendaftar akan menerima email yang berisikan tentang pemberitahuan bahwa “Data Kamu Sedang dalam Proses Verifikasi”;

8. Untuk proses pendaftaran pun selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: