Sering Alami Gangguan Pencernaan? Berikut 5 Tips Menghindarinya yang Wajib Dicoba!

Sering Alami Gangguan Pencernaan? Berikut 5 Tips Menghindarinya yang Wajib Dicoba!

JAKARTA, DISWAY.ID – Gangguan pencernaan kerap kali menggangu setiap orang. Hal itu kabarnya berkaitan dengan kebiasaan seseorang dalam  menjalani kesehariannya.

 

Namun, sebuah penelitian baru mengungkap bahwa perubahan dengan protokol kesehatan Covid-19 ternyata bisa mencegah gangguan pencernaan loh.

Dikutip dari PMJ News, berikut saran ahli agar seseorang bisa mencegah gangguan pencernaan:

BACA JUGA:Antrean Beli Solar Mengular, Sopir Truk Sampai Menginap di SPBU

1. Selalu Cuci Tangan

Direktur medis The Fleet Street Clinic, Richard Dawood menyebut virus, dan bakteri yang menyebabkan infeksi gastrointestinal disebarkan oleh makanan, air, atau tangan yang terkontaminasi. Sehingga dia menekankan kebersihan tangan sangat penting.

2. Jangan Mengandalkan Hand Sanitizer

Gel hand sanitizer berguna untuk mencegah penularan Covid-19, tetapi belum tentu menghalau penyebab sakit perut. Hand sanitizer berbahan dasar alkohol tidak efektif melawan norovirus yang menjadi penyebab umum penyakit diare.

3. Jangan Tidur di Seprai Kotor

Lee memperingatkan jarang mencuci seprai dapat menyebabkan penyakit. Ia menyebut tempat tidur lembab mengandung tungau debu, kulit yang mengelupas, sisa-sisa tubuh lainnya, dan kontaminasi feses.

BACA JUGA:Bunda, Yuk Coba Momani Giggly Toothpaste, Pasta Gigi Untuk Anak dengan Varian Rasa Buah Terbaru

Hal itu menyediakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri dan virus untuk tumbuh dan berkembang biak.

4. Hati-hati Dalam Penyiapan Makanan

Direktur medis Healthspan, dokter Sarah Brewer, mengingatkan bahwa dapur berpotensi menjadi sarang serangga.

Ia menyarankan untuk menghindari makanan yang belum dimasak atau dipanaskan kembali secara menyeluruh dan makanan yang ditinggalkan hingga dihinggapi lalat.

BACA JUGA:Ya Allah Bikin Geleng-geleng Kepala, Harga Migor Curah di Ketahun Tembus Rp 22 ribu per Liter

5. Hindari Konsumsi Daging Mentah dan Makanan Beresiko

Dokter Lee menyebut kegiatan barbekyu dan piknik bisa menyebabkan gastroenteritis. Ini karena bakteri E.coli dan campylobacter dapat timbul dari daging yang dimasak tak matang sepenuhnya.

Oleh karena itu, Lee menyarankan untuk mencuci tangan setelah menyentuh daging mentah dan menjauhkan daging dari makanan lain.

Selain itu, dokter Lee memperingatkan sejumlah makanan berikut beresiko bisa meningkatkan risiko gastroenteritis dari bakteri dan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: