Hai mom, Anda Mau Tahu Tanda-tanda Produksi ASI sudah Mencukupi untuk Bayi? Simak Penjelasan Ini

Hai mom, Anda Mau Tahu Tanda-tanda Produksi ASI sudah Mencukupi untuk Bayi? Simak Penjelasan Ini

Ilustrasi: Ibu menyusui-Pixabay/@geralt-

JAKARTA, DISWAY.ID--Hai mom, Anda tahu tanda-tanda produksi ASI sudah mencukupi kebutuhan bayi? Caranya mudah kok. 

Anda tak perlu panik dan khawatir. Ini dapat dilihat dengan mengukur berat badan, panjang, dan lingkar kepala bayi.

Maka penting sekali untuk mengukur berat, panjang, dan lingkar kepala anak setiap bulan. 

BACA JUGA:Sampah Menumpuk di Rumah? Yuk Kelola dan Donasikan Saja Lewat Cara Ini

”Jadi kalau kita merasa kok ASI-nya enggak banyak atau menyusunya jarang, lihat berat badan anaknya,” ujar Dokter anak sekaligus konselor laktasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Citra Amelinda, SpA, IBCLC, Mkes.

”Kalau naiknya sesuai, begitu juga dengan panjang dan lingkar kepala, berarti ASI-nya cukup,” kata Citra saat acara virtual, Kamis, 24 Maret 2022.

Hal yang wajar jika dalam satu minggu pertama anak mengalami penurunan berat badan, selama penurunannya tidak lebih dari 10 persen. Pasalnya, menurut dia, menyusui sejatinya merupakan sebuah proses.

BACA JUGA:Nisfu Syaban, Malam Pengampunan dan Penuh Pertolongan

”Menyusui adalah sebuah proses. Enggak mungkin banyak di awal. Jangan lupa bahwa kita ini bukan dispenser, jadi enggak mungkin saat anak lahir langsung banyak ASI-nya,” imbuhnya.

Citra juga menjelaskan, ASI yang baik bukanlah ASI yang semakin putih dan kental karena setiap ibu menghasilkan ASI dengan kandungan yang tidak sama persis dengan ibu lainnya.

Bahkan di hari yang sama, kata Citra, ASI yang diproduksi pada pagi dan malam hari juga bisa memiliki kandungan yang berbeda.

”Kalau anaknya lagi sakit, kandungannya juga beda lagi. Jadi memang ASI itu dibuatnya sesuai dengan kebutuhan anak. Yang penting itu bukan semakin kental semakin baik, tapi yang penting ASI-nya lancar, berat badan anaknya juga cukup dan sesuai," tutur dia.

Diketahui, ASI merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi bayi baru lahir karena memiliki kandungan yang sangat lengkap, penuh dengan vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, yodium, dan masih banyak lagi.

Itulah sebabnya, kata Citra, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang baik karena nanti akan dibagi kepada bayinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara