Bumil Jangan Bingung, Kenali 4 Masalah Kehamilan Ini

Bumil Jangan Bingung,  Kenali 4 Masalah Kehamilan Ini

Ilustrasi. Kehamilan -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID--Permasalahan yang kerap kali dirasakan pada ibu hamil yaitu, rasa gatal, sering buang angin atau kentut, keputihan dan masalah pencernaan.

Tidak sedikit dari bumil (ibu Hamil) merasa masalah tersebut adalah biasa atau ada juga yang merasa tidak biasa dan akhirnya bingung. Sebelum itu mari kenali beberapa permasalahan tersebut. 

Pertama yaitu masalah gatal.  Mengutip The Sun, tenaga medis mengatakan rasa gatal pada kaki dan tangan berpotensi alami kolestasis.

Kolestasis adalah gangguan aliran pada organ liver, ditandai dengan tersumbatnya salah satu organ penting tubuh manusia itu.

“Kolestasis dapat menyebabkan gatal bukan main, namun tidak menyebabkan ruam (kemerahan di kutli),” kata seorang tenaga medis, Sarah.

“Anda mengalami kolestasis, (rasa gatalnya) umum terjadi di telapak tangan, kondisi ini biasanya muncul di ketika kehamilan sudah membesar,” lanjutnya.

Kolestasis tetap bisa terjadi di awal-awal kehamilan. Ia melanjutkan, penting bagi ibu hamil untuk sesegera mungkin memeriksakan kondisi mereka.

Selain rasa gatal, ciri lain dari kolestasis adalah meliputi mual dan muntah, napsu makan menurun, air kencing terlihat gelap, nyeri pada perut bagian atas dan mudah lelah.

Penyebabnya sendiri menurut ahli, belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, genetika, hormon dan kekurangan cairan disebut ambil bagian dalam masalah ini.

Sementara masalah lainnya yaitu sering kentut atau buang angin.  Menurut Alodokter, kentut saat hamil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

“Jika keluhan sering kentut membuat Bumil merasa tidak nyaman, nyeri perut, atau kembung dan mual, hal ini sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan”.

Mengapa demikian, karena hal ini ditakutkan berdampak pada potensi masalah gizi yang tidak diinginkan.

“keluhan-keluhan tersebut bisa saja membuat nafsu makan Bumil berkurang, sehingga Bumil berisiko mengalami kekurangan nutrisi dan cairan”.

Kemudian, masalah keputihan selama kehamilan. Menurut Alodokter, hal ini tentu saja sebuah hal yang normal, selama cairan yang dikeluarkan berwarna bening atau agak berwarna putih, dan tidak berbau menyengat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: