Awas! Hindari 4 Penyakit Mematikan Ini Bagi Pegawai Kantoran, Begini Cara Pencegahannya

Awas! Hindari 4 Penyakit Mematikan Ini Bagi Pegawai Kantoran, Begini Cara Pencegahannya

Olahraga ringan sangat dianjurkan di kantoran-Ilya Pavlov-Uplash

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menurut para ahli, duduk terlalu lama sudah jadi isu lama yang diketahui dapat meningkatkan risiko pegawai kantoran terkena beragam penyakit.

Dikutip dari Hellosehat, penyakit yang dapat dialami para pegawai kantoran ini di antaranya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker hingga obesitas.

Disebutkan, mungkin efeknya nggak dirasakan dalam waktu cepat, melainkan baru akan dirasakan dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Rasa tak nyaman bagi pegawai kantoran ketika duduk sampai berjam-jam, yaitu leher dan tulang belakang kerap dirasa sakit dan linu-linu.

BACA JUGA:Man United Siap Ajukan Penawaran untuk Tammy Abraham, AS Roma Patok Harganya Segini...

Ini karena duduk yang terlalu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram penyusun tulang belakang, sehingga menyebabkan leher-bahu tegang dan nyeri punggung bawah.

Untuk mengatasinya, cobalah lakukan olahraga ringan di kantor saat kamu merasa pegal linu.

Berikut tips olahraga di kantor untuk melepas penat, sebagaimana dikutip dari Hellosehat.

1. Bolak-balik duduk-berdiri

Sebagai pemanasan, mudah saja. Anda tinggal bolak-balik ganti posisi dari duduk ke berdiri terus-menerus, tapi tanpa bantuan tangan.

BACA JUGA:Kohen: Pameran Otomotif IIMS Hybrid 2022 Siap Digelar, Ada Grandprize 4 Unit Mobil

Mulai dengan duduk tegap dan kaki menjajak tanah membentuk 90 derajat.

Tekan ke bawah dari tumit Anda, cobalah untuk tidak menggerakkan kaki ke kursi Anda atau gunakan lengan Anda (luruskan kedua tangan ke depan), dan usahakan bahu tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam posisi tegak tapi tidak tegang. Sekarang, coba berdiri.

Dari posisi berdiri, pelan-pelan kembali duduk tegak sambil menahan diri untuk tidak condong ke depan dan/atau menggeser pinggul ke satu sisi atau sisi yang lain. Ulangi 5 sampai 10 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: