Suka Minum Kopi Hitam? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Suka Minum Kopi Hitam? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dampak buruk minum kopi setiap, setidaknya ada 7 fakta. Apa saja?-kaboompics-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID--Kopi hitam dan kafein paling baik dinikamti dalam jumlah sedang.

Beberapa cangkir setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping seperti gugup dan cemas. Wanita hamil dan anak-anak juga rentan terkena efek buruk dari kopi.

Berikut ini merupakan 5 manfaat sehat kopi hitam bagi tubuh, tentunya sesuai dengan kebutuhan tertentu.

1. Kopi sarat dengan antioksidan

Biji kopi mungkin merupakan sumber antioksidan terbaik bagi kebutuhan tubuh. Dipercaya dapat melindungi sel dari penuaan. Itu karena senyawa alami ini melawan radikal molekul tubuh yang dapat memicu stres oksidatif dan selanjutnya merusak sel.

2. Kopi dapat menurunkan risiko penyakit serius

Melannsir Health Essentials, beberapa penelitian telah mengeksplorasi hubungan antara konsumsi kopi dan tingkat penyakit kronis yang lebih rendah. Peminum teratur tampaknya memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 serta kanker hati dan kolorektal.

Menurut American Institute for Cancer Research, fitokimia dalam kopi dapat mengurangi perkembangan sel kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel. Kafein sendiri juga dapat mendorong karsinogen melalui saluran pencernaan lebih cepat; asam fenolik dapat meningkatkan pertahanan anti-inflamasi.

Secara keseluruhan, satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi tingkat kematian akibat penyakit serius. Minum tiga cangkir atau lebih bisa mengurangi risiko kematian dini sebanyak 16 persen.

3. Kopi dapat meningkatkan kinerja otak

Kopi baik untuk meningkatkan produktivitas saat ini, tetapi mungkin juga menawarkan manfaat bagus bagi otak dalam jangka panjang. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan kognitif lebih rendah pada orang yang mengkonsumsinya—dalam satu meta-analisis hingga 16 persen. Selain itu, konsumen kafein telah menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson, berdasarkan penelitian bertajuk “Usual Caffeine Consumption and Health” dari laman Health Gov.

 4. Kopi bisa membantu melindungi jantung 

Meminum empat cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 21% risiko terkena penyakit jantung dan risiko terkena stroke sebanyak 20%. Secara keseluruhan, tiga cangkir memberikan penurunan 21 persen dalam risiko penyakit kardiovaskular, dilansir dari laman Harvard T.H Chan.

 5. Kopi dapat meredakan gejala depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: