2 Model Chromebook 4G LTE Pertama Buatan Indonesia Resmi Meluncur

2 Model Chromebook 4G LTE Pertama Buatan Indonesia Resmi Meluncur

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang -Dok. Kemenperin-

BALI, DISWAY.ID-- Pertama di Indonesia, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan Chromebook 4G LTE Produksi dan Desain Anak Bangsa di Nusa Dua, Bali, Kamis, 24 Maret 2022.

Hal ini merupakan program substitusi impor 35% pada tahun 2022 yang terus dijalankan, salah satu sektor yang dipacu adalah industri elektronika, termasuk pada upaya pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada produk laptop.

“Untuk mencapai program substitusi impor 35% tersebut, kunci utamanya antara lain membentuk ekosistem industri laptop melalui peningkatan demand di dalam negeri,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita seperti dikutip Disway dari laman resmi Kemenperin.

BACA JUGA:Selamatkan Status 3.345 WNI di Filipina, Yasonna Laoly: Kita Urus Tak Perlu Khawatir

Menperin menyebutkan, permintaan dalam negeri untuk produk laptop mencapai tiga juta unit per tahun.

“Permintaan ini diprediksi terus bertambah seiring berkembangnya digitalisasi. Oleh karena itu, industri di dalam negeri perlu mengambil peluang ini,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan daya saing laptop produksi dalam negeri agar bisa bersaing dari gempuran produk impor, Kemenperin membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait.

BACA JUGA:Bali United Siap Pesta Juara saat Lawan Persebaya, Stefano Cugura: Kami Harus Bekerja Keras!

Di antaranya PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada dan PT. Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamakan Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

“Kami memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari sinergi tersebut sehingga bisa memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen,” jelas Agus Gumiwang.

Agus berharap, IMC-ET dapat terus berkolaborasi dengan stakeholders lainnya dalam mengembangkan ekosistem laptop dalam negeri.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Harga Sembako di Ogan Komering Ilir Terpantau Naik

Kemenperin juga akan secara intens akan menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset untuk dapat bekerja sama guna memperdalam struktur industri elektronika khususnya untuk memproduksi laptop.

“Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa, yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri,” tegasnya.

Oleh karena itu, Kemenperin akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta semua pihak agar pangsa pasar produk laptop dapat didominasi hasil produksi dalam negeri.

BACA JUGA:PPATK Blokir 275 Rekening Investasi Bodong Sebesar Rp 502,88 Miliar

Di samping itu, Menperin akan berupaya mewujudkan Indonesia mampu memproduksi semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri. Sebab, semikonduktor banyak digunakan sektor elektronika dan otomotif.

“Kami mengajak para pelaku usaha untuk duduk bareng membuat roadmap dalam upaya memproduksi semikonduktor untuk kemandirian industri di dalam negeri,” paparnya.

Selain itu, yang juga perlu dipacu adalah menciptakan Original Design Manufacturer (ODM) laptop dalam negeri.

BACA JUGA:Keren! Gandeng Seniman New York, KLa Project dan Element Band Rilis Lagu Dalam Bentuk NFT

“Dengan munculnya ODM-ODM dalam negeri akan tercipta kemandirian di industri laptop dalam negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, Chairwoman PT TSM Yovita Bellina menyampaikan,generasi Chromebook 4G LTE yang diluncurkannya telah dilengkapi dengan modul selular tertanam (built-in) 4G LTE.

Yang memungkinkan pemakai memperoleh manfaat konektivitas secara nirkabel agar dapat digunakan di mana pun tanpa batas.

BACA JUGA:Wow! Toyota GR Supra GT4 50 Edition Cuma 6 Unit di Dunia, Spek dan Harganya Gahar Banget

TSM juga akan memproduksi Chromebook versi WIFI-only sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Kedua model tersebut menggunakan prosesor Qualcomm 8-cores Snapdragon dengan efisiensi tinggi, yang sudah memenuhi spesifikasi program Merdeka Belajar.

“Kedua perangkat ini akan dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wifi, dan Chromebook C120 untuk versi Wifi. Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022,” terang Yovita.

BACA JUGA:Suka Minum Kopi Hitam? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ia menambahkan, pihaknya ingin membuktikan bahwa perusahaan akan mendukung penuh pemerintah dalam membangun kompetensi teknis serta kemandirian riset dalam negeri.

“Riset dan pengembangan tersebut dijalankan secara penuh oleh TSM, diproduksi dan dipasarkan melalui kolaborasi dengan para mitra,” tandasnya.

Untuk mencapai TKDN di atas 40%, Chromebook 4G LTE ini diproduksi secara CKD (completely knock down).

BACA JUGA:Ini Alasan Audrey Tapiheru Pilih Rilis Single Terbaru Berjudul 'Satu Mimpiku'

Selain itu, alat Catu Daya (AC Powered Adapter/Charger) didesain secara penuh oleh TSM dan diproduksi di Indonesia untuk mendukung pasokan rantai ekosistem industri lokal.

“Dengan kolaborasi ini pula, kami ingin memperlihatkan bahwa kita mampu untuk secara bersama-sama membangkitkan kemandirian rantai ekosistem industri Indonesia serta membangkitkan kemampuan pelaku industri dalam negeri untuk berinovasi secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: