Ribuan Petani Milenial Binaan IPB Diwisuda

Ribuan Petani Milenial Binaan IPB Diwisuda

Gubenur Jabar Ridwan Kamil mengenakan Jaket Almamater kepada lulusan petani milenial-Jabar Ekspres-

BOGOR, DISWAY.ID--Sebanyak 1.249 petani milenial Angkatan I binaan Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalani prosesi wisuda oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kampus IPB, Darmaga, Kamis 24 Maret 2022.

Menurut Ridwan Kamil, para petani milenial ini dibina langsung oleh IPB dan akan siap terjun untuk membantu program petani milenial yang baru satu tahun didirikan.

"Tak dipungkiri, selama perjalanan satu tahun ini banyak terjad, i dinamika, hingga menyebabkan sebagian petani milenial tidak cukup berhasil,’’ujar kang emil—sapaan akrab Ridwan Kamil.

Peserta yang mengikuti wisuda ini adalah peserta Program yang memiliki pendapatan minimal setara upah minimum kabupaten/kota di lokasi usaha.

Berbagai macam latar belakang peserta yang ikut dalam program ini hingga inaugurasi, mulai dari mereka yang berlatar belakang keluarga petani.

"Ini juga ada sarjana non-pertanian seperti psikologi, sastra, mahasiswa, dosen,  seniman, maupun ibu rumah tangga,’’katanya.

Peserta yang diwisuda sebagian besar peserta laki-laki 88 persen, sedangkan peserta perempuan 12 persen.

Dari kategori umur, untuk usia 19-24 tahun 19 persen, usia 25-29 tahun 26 persen, dan paling banyak peserta di usia 30-39 tahun yang mencapai 55 persen.

Kang Emil menegaskan, bahwa petani milenial bukan program karpet merah yang secara instan bisa langsung menghasilkan keuntungan tanpa rintangan.

Program ini diibaratkan pendakian gunung yang harus selalu didampingi pemerintah lewat pelatihan, anggaran, lahan, teknologi sampai pemasaran.

“Saya bilang program ini bukan program karpet merah yang bisa langsung sukses, melainkan program mendaki gunung yang didampingi pemerintah melalui pelatihan, anggaran, lahan, peralatan, dan pemasaran,” jelasnya.

Untuk Program Petani Milenial Angkatan II Pemda Provinsi Jabar kembali membuka pendaftaran yang akan berkolaborasi dengan pemda kabupaten/kota.

Pemda Kabupaten Bogor sudah menyiapkan lahan untuk digarap petani milenial di Angkatan II ini.

“Kita akan buka pendaftaran lagi tentu kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Contohnya Pemkab Bogor sudah menyiapkan lahan yang disumbangkan untuk generasi muda dengan konsep petani milenial,” pungkas Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: