Sambut Ramadan 2022, Ini yang Harus Dipersiapkan

Sambut Ramadan 2022, Ini yang Harus Dipersiapkan

Ilustrasi/ Ramadan-Pixabay-

Bulan Ramadan 1443 Hijriah sudah di depan mata atau tepatnya jatuh pada tanggal 2 April 2022. Inilah bulan yang ditunggu kehadirannya oleh umat islam karena di dalamnya terdapat kemuliaan yang tidak ditemukan dalam bulan lainnya. 

Untuk itu umat Islam perlu mempersiapkan diri untuk menyambut bulan mulia ini. 

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Yakni, sebagai berikut:

1. Perbanyak Amal Kebaikan

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan kita hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain berdoa, kita juga perlu memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat kita lakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi.

2. Mohon Ampunan

Manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Dengan memohon ampunan-Nya, kita akan mendapatkan ketenangan batin sehingga akan lancer dalam menjalankan ibadah puasa nantinya. Bertaubat dalam hal ini bukan hanya dalam lisan, namun juga harus dibuktikan dengan perbuatan.

3. Menguatkan Niat

Sebelum bulan Ramadhan datang, kita harus memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya mencari Ridho dari Allah SWT. Tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan diri hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

4. Perdalam Ilmu Agama

Ibadah Ramadhan akan lebih maksimal jika kita mengetahui lmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan, terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan seperti hikmah puasa Ramadhan, salat tarawih, membaca Al-Quran, I’tikaf di masjid, dan Zakat Fitrah.

5. Mempersiapkan Fisik

Puasa merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang prima. Orang yang fisiknya kuat maka akan lancer dalam menjalankan puasa. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan fisik kita untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar dengan tetap melakukan aktivitas kerja seperti biasa.

Karena, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah (HR.Muslim, Baihaki, Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: