Dapat Remisi Lebaran, Ratu Atut Chosiyah Diprediksi Bebas Tahun Depan

Dapat Remisi Lebaran, Ratu Atut Chosiyah Diprediksi Bebas Tahun Depan

Ratu Atut Chosiyah--Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID-Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mendapat remisi  pada saat lebaran 2 Mei 2022.

Ratu Atut Chosiyah dapat remisi satu bulan pada saat moment Idul Fitri 1443 Hijriah. Dan, bila pada Agustus 2022 nanti kembali mendapat remisi, maka diprediksi pada tahun depan, Gubernur Banten dua periode yang dilantik pertama pada 11 Januari 2007 ini bakal bebas.

Ratu Atut menjalani masa tahanan di Lapas Wanita Anak Klas IIA Tangerang. 

Kasus yang menjeratnya adalah suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar terkait Pilkada Lebak Tahun 2014. Ia divonis 7 tahun penjara.

Kasus kedua adalah pengadaan alat kesehatan di Provinsi Banten. Wanita kelahiran 16 Mei 1962 ini divovis 5 tahun 6 bulan dan denda Rp 250 juta atau subsider 3 bulan penjara. 

Vonis diketuk di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 20 Juli 2017.

BACA JUGA:Berkah Lebaran, 1.344 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Atut dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi terhadap APBD Provinsi Banten 2012 dan APBD Perubahan 2012.

Dalam kasus ini, adik Ratu Atut, Tubagus Chaeri Wardana ikut terlibat dan divonis 1 tahun penjara.

Merangkum dari berbagai sumber, Kasi Pembinaan Lapas Wanita Anak Klas II A Herti Hartati mengatakan, remisi diberikan karena selama dalam Lapas, Gubernur Wanita Pertama di Indonesia ini berkelakuan baik dan tidak melanggar peraturan Lapas. 

"Kalau semua berjalan dengan baik, berkelakuan baik, tidak melanggar peraturan Lapas, terus Agustus nanti dapat remisi lagi, Insyaallah tahun depan bisa pulang,” kata Herti.

BACA JUGA:Pemberian Remisi Idulfitri Hemat Anggaran Makan Rp 72 Miliar

Menurut Herti, remisi diberitakan bukan hanya kepada Hj Ratu Atut Chosiyah. Melainkan juga diberikan kepada narapidana lain, termasuk kepada mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari, yang divonis 4 tahun penjara.

Jabatan Ratu Atut sebelum dilantik menjadi Gubernur Banten pada 11 Januari 2007 adalah Wakil Gubernur Banten periode 11 Januari 2002 sampai dengan 11 Oktober 2005. 

Sumber: Radar Banten