Bikers Mesti Tahu, Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara

Bikers Mesti Tahu, Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara

Tips berkendara aman-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik. 

Salah satu contohnya adalah ketika seorang pengendara tidak dalam kondisi kesehatan yang baik maka pengendara tidak memungkinkan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik saat mengontrol motor di jalan raya.

Karena berkendara menggunakan sepeda motor itu membutuhkan beberapa aspek di dalam diri pengendara mulai dari pengalaman, skill atau keterampilan berkendara, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek kesehatan.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Demmy Firmansyah menjelaskan, salah satu contoh paling kecil dari faktor kesehatan lainnya adalah kurang siapnya tubuh pengendara dalam berkendara secara baik.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG Selasa 3 Mei 2022: Waspada Jakarta, Jabar, Banten Potensi Hujan Angin Kencang

Maka dengan reflek yang kurang dapat menyebabkan seorang pengendara mengalami kecelakaan saat menggunakan sepeda motor.

Salah satu cara yang paling baik dalam mengatasi tubuh yang belum siap mengontrol motor ataupun meningkatkan reflek ketika berkendara adalah melakukan pemanasan ringan sebelum berkendara. 

Dengan melakukan pemanasan ringan maksimal 5-10 menit mulai dari bagian kepala, tangan, lengan, hingga kaki dapat membuat seluruh tubuh menjadi siap secara fisik dan mental sehingga membantu reflek pengendara menjadi baik saat melakukan manuver-manuver Ketika berkendara. 

BACA JUGA:Musim Hujan, Jalur Wisata Lembang Berpotensi Longsor, Polisi Imbau Masyarakat Jangan Paksakan Diri

Banyak sekali potensi bahaya yang bisa saja tidak teridentifikasi dari sejak dini oleh pengendara di jalan raya, sehingga jika persiapan sebelum berkendara dengan melakukan pemanasan dilakukan terlebih dahulu, maka pengendara dapat mengambil keputusan dan pengoperasian sepeda motor secara tepat.

Tidak hanya meningkatkan reflek pengendara, pemanasan juga berfungsi sebagai pengecekkan anggota tubuh dalam kondisi yang fit. 

Jika ada salah satu bagian tubuh yang sakit, maka pengendara dapat merasakannya lebih dini saat pemanasan sedang dilakukan. 

BACA JUGA:Kawasan Wisata Puncak Bogor Diprediksi Macet Hari Ini, Polisi Terapkan Ganjil Genap

Sehingga pengendara dapat menjaga gerak tubuh saat berkendara, karena rasa sakit pada salah satu bagian tubuh kita saat berkendara akan mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: