5 Strategi Bersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik Lebaran, Dijamin Debu dan Kotoran Lenyap Seketika

5 Strategi Bersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik Lebaran, Dijamin Debu dan Kotoran Lenyap Seketika

Tips bersihkan rumah efektif usai pulang mudik--Pixabay/Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Kembali ke rumah setelah mudik tentu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Anda belum bisa beristirahat dengan tenang, karena harus membersihkan rumah dar debu dan kotoran yang menempel.

Terkait hal tersebut anda perlu strategi jitu agar membersihkan rumah menjadi efektif, terlebih lagi anda harus kerja ekstra jika ART (Asisten Rumah Tangga) belum kembali.

BACA JUGA:Viral! Bocah Kecil Iseng Beli Paket COD, Pas Barang Sampai Nggak Mau Bayar

Dikutip dari RRI, berikut adalah tips membersihkan rumah setelah ditinggal mudik lebaran.

1. Membersihkan Kamar Tidur

Kenyamanan tidur kamu berpengaruh terhadap kebersihan kamar tidur. Kamu dapat membuka ventilasi udara untuk mengganti udara pengap dengan udara segar. Setelah itu ganti sprei, bersihkan perabotan yang berdebu dan merapikan tumpukan pakaian yang ada di lemari.

2. Membersihkan Area Ruang Tamu

Ruang tamu sebagai salah satu tempat berinteraksi dengan mereka yang berkunjung ke rumah anda. Bahkan, ruang tamu menjadi tempat pertama yang akan disinggahi oleh keluarga atau tamu yang akan datang silahturahim nantinya. 

BACA JUGA:Mengharukan, Ini Momen Jose Mourinho Menangis Usai Bawa Roma ke Final Conference League

Apalagi, jika setelah mudik Lebaran, anda masih harus menerima tamu yang datang bersilaturahim. Selama ditinggal mudik, tirai yang terpasang menyimpan banyak debu. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan tirai. Arahkan vacuum dari atas ke bawah.

Cuci tirai jika terlihat sangat kotor. Perhatikan bahan tirai yang digunakan, karena setiap bahan memiliki penanganan dan cara pencucian yang berbeda. Jika mencuci tirai merupakan tindakan yang sangat berisiko karena bisa merusak bahan kain yang dipakai, maka anda bisa menggantungnya di ruang terbuka.

3. Bersihkan Kamar mandi 

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang membutuhkan perhatian khusus setelah ditinggal selama mudik Lebaran. Buka jendela dan pintu kamar mandi selebar-lebarnya. 

Sumber: