Anda Lelah Bermedia Sosial? Ini Tips Sehat untuk Meninggalkannya

Anda Lelah Bermedia Sosial? Ini Tips Sehat untuk Meninggalkannya

Media sosial-Pixabay/@Erik_Lucatero-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Seperti apa kesehatan mental Anda di dunia tanpa media sosial? Cukup sulit untuk dibayangkan, bukan?

Banyak dari kita yang begitu sibuk dengan akun sosial kita sehingga sulit untuk mengingat apa yang sudah kita lakukan untuk keluarga dan sekeliling kita.

Seakan hidup hanya di layar ponsel. Menskrol ke bawah, melihat postingan ini dan itu. Lelah hidup sekali Anda.

BACA JUGA: 5 Tips Cegah Kebocoran Rumah saat Musim Hujan 

Tak dipungkiri, ada banyak sisi positif dari koneksi online. Tetapi kita harus mampu menemukan keseimbangan hidup.

Derasnya informasi dari teman, keluarga, seputar selebriti, sampai merek dagang yang keluar masuk di beranda menjadikan kita terbawa arus. melihat lagi dan melihat lagi.  

Sampai-sampai, ada yang berpikir bagaimana bersaing untuk mendapatkan perhatian orang lain, dapat komentar yang banyal sampai seperti yang sebenarnya semu.

BACA JUGA: Catat! Ini Tips Melegakan Tenggorokan Usai Menyantap Menu Santan dan Berminyak saat Lebaran

Kalau sudah begitu, jelas mental Anda sudah terganggu. Tentang 8 jam sehari Anda menggunakan media sosial dan menikmatinya. 

Dikutip Disway.id dari survei Healthline baru-baru ini, 25 persen pengguna media sosial mengaku mendapatkan efek negatif dari mental mereka. Keperibadian mereka tertutup dan acuh pada lingkungan sekitar.

Sementara 53 persen mengaku, mengurangi penggunaan media sosial sangat membantu kehidupan. Lebih normal dan realistis. 

BACA JUGA:Malas Berolahraga? Ini Tips Agar Anda Termotivasi 

Selain itu, 29 persen responden membutuhkan jeda dari media sosial. Bagaimana pun perilaku media sosial memengaruhi kesehatan mental Anda.

Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan hubungan langsung antara penurunan penggunaan media sosial akibat peningkatan depresi dan kesepian.

Sumber: healtline