Cegah Kemacetan Arus Balik, Kapolri Usulkan Pemerintah dan Swasta WFH

Cegah Kemacetan Arus Balik, Kapolri Usulkan Pemerintah dan Swasta WFH

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan saran kepada instansi pemerintah dan swasta untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) setelah momen Lebaran berakhir. 

Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan saat arus balik.

Menurutnya, kebijakan WFH dapat diterapkan selama satu minggu setelah puncak arus balik Lebaran yang jatuh pada hari ini tanggal 8 Mei 2022.

“Kami juga mengimbau untuk mengurai arus balik, khususnya bagi instansi- instasi baik itu swasta atau pemerintah yang masih memungkin untuk satu minggu ini, bisa melaksanakan aktivitas dengan menggunakan media yang ada ,seperti online maupun work from home,” kata Listyo di Garuda Wisnu Kencana, Desa Unggasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Kamis 5 Mei 2022 lalu.

BACA JUGA:Kapolri Imbau WFH Cegah Macet Arus Balik, DPR: Patut Dipertimbangkan

Imbauan serupa juga disampaikan Kapolri Listyo saat meninjau kesiapan pengamanan di Pelabuhan Bakauheni Lampung, Sabtu 7 Mei 2022.

Menurut Sigit, jika melihat grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang. 

Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Dan kemungkinan malam hari ini bisa naik 41.000.

Menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pihaknya sudah mendengar dan melihat bagaimana skema persiapan yang dilakukan rekan-rekan yang melakukan pengamanan di pelabuhan untuk menghadapi puncak arus balik.

Mulai dari mengatur rest-rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga di Bakauheni yaitu dermaga Panjang dan BBJ serta juga jumlah kapal.

BACA JUGA:Kapolri Sosialisasi One Way di Jalan Tol Diperpanjang Hingga Esok Pagi

“Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni,” kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan ada beberapa skema yang disiapkan petugas antara lain hijau, kuning dan merah. Merah berarti sudah padat. 

Dan dalam beberapa hari ini baru masuk situasi hijau.  “Saya harap situasi ini dapat bertahan terus,” imbuh Sigit mengutip Tribratanews Nganjuk, Sabtu 7 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: