Gejala Awal Hepatitis Akut, Diare dan Muntah-muntah

Gejala Awal Hepatitis Akut, Diare dan Muntah-muntah

Ilustrasi hepatitis. Sumber: Pixabay--

JAKARTA, DISWAY.ID-Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan gejala yang ditemukan pada pasien-pasien tersebut mirip seperti hepatitis pada umumnya. Salah satu diawali dengan gastrointestinal

Dan juga gejala gastrointestinal. Apa saja?

“Diare dan muntah-muntah,” kata Nadia kepada wartawan baru-baru ini.

Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (penyakit kuning) akut. 

Sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam. 

BACA JUGA:Varian Omicron Sama Parah dengan Covid-19 Sebelumnya

Nadia menegaskan jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. 

Kisaran kasus terjadi pada anak usia 1 bulan sampai dengan 16 Hal senada diungkapkan oleh Ahli Spesialis Penyakit Dalam dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban. 

Sebagian besar anak-anak ini mengalami masalah gastrointestinal terlebih dahulu.

BACA JUGA:Ahli Penyakit Dalam: Hepatitis Misterius Sangat Serius, Anak Imun Kuat Bisa Tertular

"(Lalu) diikuti penyakit kuning. Tes laboratoriumnya juga menunjukkan tanda-tanda peradangan hati parah. Sebagian besar anak tidak mengalami demam,” kata Prof Zubairi dalam kicauannya.

"Belum ada tes yang memastikan. Tapi syaratnya adalah pasien harus negatif terhadap virus hepatitis A, B, C, D, E dan dengan kadar enzim transaminase lebih dari 500 unit per liter,” tutup Prof Zubairi.

Sebanyak 3 pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo, Jakarta, dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia. 

BACA JUGA:Belum Diketahui Penyebabnya, IDI Beberkan Gejala Hepatitis Akut pada Anak dan Dewasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com