499 Atlet Indonesia dan 214 Official ke SEA Games 2021, Vietnam

 499 Atlet Indonesia dan 214 Official ke SEA Games 2021, Vietnam

Pengukuhan atlet Indonesia untuk berangkat ke SEA Games 2021, Vietnam-kemenpora-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, resmi mengukuhkan atlet Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam, di Hall A Basket Senayan, Jakarta, Minggu 8 Mei 2022.

Acara pengukuhan yang diikuti beberapa atlet berjalan cukup khidmat, lagu Padamu Negeri dan hormat kepada sang saka Merah Putih mengiringi langkah para atlet. 

Dengan menjalankan protokol kesehatan ketat, Menpora Amali menyalami satu persatu atlet sebagai tanda semangat mengantarkan para atlet yang akan bertanding untuk mengharumkan nama Indonesia. 

Pada sambutanya, Menpora Amali yang juga didampingi Ketua NOC Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman menegaskan bahwa, atlet Indonesia saat ini harus bisa menghadapi perubahan paradigma baru olahraga Indonesia.

BACA JUGA:Ambyar! Diduga Mabuk, Pria Berjaket Hitam Beri Bogem Mentah ke Seorang Crew Musik di Atas Panggung Khitanan

“Dengan sasaran utama adalah, menggapai prestasi tertinggi di ajang Olimpiade. Sedangkan ajang SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara yang tetap harus kalian ikuti sebagai langkah menuju ajang Olimpiade,” ujarnya.

"Sesuai amanah Presiden Jokowi, kita harus memulai membangun pondasi ekosistem olahraga Indonesia menjadi lebih baik,” tambahnya.

“Para atlet sekarang harus mulai merubah target ke prestasi yang lebih tinggi yakni, Olimpiade,” ungkapnya.

BACA JUGA:Simak! Daftar Nama Calon Jemaah Haji Berangkat 2022 Resmi Dikeluarkan, Cek di Sini

Menurut Menpora Amali, Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan presiden. 

“Di mana arahan (Presiden) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang DBON," jelasnya.  

"Salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi. Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," terangnya.

BACA JUGA:Asnawi Sudah Bergabung, Jadi Kekuatan Tambahan Skuad Garuda di SEA Games 2021

Sementara Chef de Mission kontingen Indonesia, Ferry J Kono, menyebut akan ada 499 atlet yang diberangkatkan menuju Vietnam, dengan rincian 313 atlet pria dan 186 atlet wanita, serta beberapa official yang juga akan diberangkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: