Angkasa Pura II Catatkan 3.14 Juta Orang Mudik Lebaran dengan Pesawat

Angkasa Pura II Catatkan 3.14 Juta Orang Mudik Lebaran dengan Pesawat

Angkasa Pura II catatkan 3.14 juta orang mudik Lebaran dengan pesawat dan ini masih terus naik hingga 9 Mei 2022. -rikhi ferdian-

JAKARTA, DISWAY.ID – Dari data yang di himpun oleh PT Angkasa Pura II, jumlah pergerakan penumpang pesawat pada periode lebaran 2022 di bandara mengalami peningkatan. 

Pada H-10 hingga H+5 (22 April - 8 Mei 2022) atau sejak arus mudik serta arus balik secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang di bandara AP II mencapai sekitar 3.14 juta orang. 

Sedangkan pergerakan pesawat mencapai 25.122 penerbangan.

Khusus di bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang pada periode tersebut tercatat 2 juta orang, dimana pergerakan pesawat sebanyak 15.873 penerbangan. 

BACA JUGA:Rp 1.25 Triliun Kokain Diamankan di Perairan Selat Sunda, Penyeludupan Dengan Modus Baru

"Peningkatan lalu lintas penerbangan dalam periode angkutan lebaran ini dapat dikelola dengan baik oleh seluruh stakeholder," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin, pada Senin 9 Mei 2022. 

Awaluddin menambahkan, pihaknya sangat bersyukur karena seluruh stakeholder di bandara AP II dapat bersinergi dengan erat serta berkolaborasi dalam mensukseskan angkutan lebaran 2022. 

Sehingga, dapat mengantar pemudik ke kampung halaman hingga menyambut kembali kepulangan mereka dengan aman dan lancar.

BACA JUGA:SEA Games 2021: Dewangga Ungkap Kondisi Tim Siap Untuk Raih 3 Poin Lawan Timor Leste

Berbagai strategi diterapkan dalam menangani arus mudik diantaranya pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi operasional di sisi udara (airside), penyesuaian operasional bandara secara keseluruhan dan lainnya.

Selain itu AP II dan stakeholder juga berhasil mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan pada angkutan lebaran 2022. 

Sedangkan lalu lintas penerbangan di bandara AP II khususnya pada arus balik terus mengalami peningkatan dan telah melampaui target. 

BACA JUGA:SEA Games 2021: Jelang Indonesia VS Timor Leste Malam Ini, Skuad Garuda Wajib Menang

Seperti contohnya pada puncak arus balik 8 Mei 2022, dimana pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II pada puncak arus balik 8 Mei diprediksi sebanyak 199.857 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: