Pandeglang Akan Punya Pasar Baru di Cibaliung

Pandeglang Akan Punya Pasar Baru di Cibaliung

Ilustrasi/Pasar--Pixabay

PANDEGLANG, DISWAY.ID-Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan memiliki bangunan pasar baru di Desa Sukajadi Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna mengatakan, bangunan pasar baru atau Pasar Rakyat Cibaliung merupakan buah penantian sangat panjang.

"Di mana perencanaan pada tahun 2016 dan pembangunan pada tahun 2018. Kini tahun 2022 Barang Milik Negara berupa Pasar Rakyat (Cibaliung) telah disetujui Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto atas nama Menteri Perdagangan untuk diserah terimakan kepada Pemerintah Daerah,” katanya, Senin 9 Mei 2022.

Bangunan pasar baru merupakan Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Perdagangan yang akan diserahka terimakan menjadi aset Pemkab Pandeglang.

Setelah menjadi aset Pemkab Pandeglang BMN dari Kementerian Perdagangan berupa Pasar Rakyat Cibaliung berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang.

Proses serah terima secara simbolis sudah dituangkan dalam naskah hibah dan berita acara serah terima Barang Milik Negara. Selanjutnya, Pemkab Pandeglang melalui Diskoperindag akan mengelola pasar baru Cibaliung.

BACA JUGA:Rumah Warga di Picung Pandeglang Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp 100 Juta

“Dengan diterimanya pasar baru ini maka jumlah pasar rakyat di Pandeglang bertambah satu pasar. Dari sebelumnya sebanyak 12 pasar menjadi 13 dengan Pasar Rakyat Cibaliung,” katanya.

Kepala Bidang Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Pandeglang Juhanes Waluyo mengatakan, setelah mendapatkan persetujuan dari Kemendag, dalam waktu dekat akan segera dimanfaatkan.

“Untuk pemanfaatan akan kita proses bulan ini juga dengan sosialisasi ke para pedagang. Karena memang secara fisik bangunan Pasar Rakyat Cibaliung sudah selesai,” katanya.

Pembangunan Pasar Rakyat Cibaliung dibiayai APBN. Diperuntukan bagi para pedagang di wilayah Cibaliung.

BACA JUGA:3 Kendaraan Tabrakan di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Dirlantas Polda Banten Jelaskan Kronologisnya

“Sebagai upaya pembenahan lingkungan pasar. Agar tertata dengan baik,” katanya.

Kehadiran Pasar Baru Cibaliung berpotensi menambah PAD Kabupaten Pandeglang. Terkait besarannya masih dalam tahap penghitungan karena saat ini belum digunakan.

Sumber: Radar Banten