Ini Cara Kerja Bom Pemadam Api dari Kulit Singkong, Ciptaan Dahsyat H Aryanto Selain Nikuba

Ini Cara Kerja Bom Pemadam Api dari Kulit Singkong, Ciptaan Dahsyat H Aryanto Selain Nikuba

Tak Hanya Ciptakan Nikuba, H Aryanto juga Buat Bom Pemadam Api Berbahan Kulit Singkong yang Tembus Luar Negeri--H Aryanto Misel memperagakan bom bola pemadam api kebakaran ciptaannya tersebut dihadapn Pangdam Siliwangi, Kamis 5 Mei 2022. (FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)

CIREBON, DISWAY.ID - Satu lagi temuan dahsyat H Aryanto Misel selain Nikuba alat yang berguna sebagai pengubah air jadi BBM.

Temuan H Aryanto tersebut yakni bom pemadam api berbahan kulit singkong. Menurut keterangan kulit singkong tersebut awalnya dicuci dan dijemur kemudian digiling sampai halus.

“Setelah halus kulit singkong diputihkan dan dimasukkan ke dalam tabung. Bahkan saya buat bom apar bulat.” ujarnya, pada 5 Mei 2022, dikutip Disway.id dari radarcirebon.

BACA JUGA:Nikuba Alat Pengganti BBM 100 persen? Terungkap Akan Diproduksi Massal 10 Ribu, Harganya Melejit

Tak hanya menjelaskan proses pembuatanya, H Aryanto juga menunjukan bagaimana cara kerja dari bom pemadam api berbahan dasar kulit singkong itu.

“Ketika bola apar itu dilemparkan ke sumber api, maka akan meledak dan memadamkan api yang berkobar,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, H Aryanto mengakui telah membuat bom bola pemadam api dari kulit singkong sudah 4000 lebih sejak tahun 2002. Bahkan alat temuannya itu sudah dipasarkan ke luar negeri.

BACA JUGA:10 Ribu Pendatang Baru Serbu Kota Bekasi, Wajib Lengkapi Dokumen Administrasi Kependudukan

“Alhamdulillah, alat pemadam api buatan saya ini mendapat perhatian dan apresiasi dari bapak Pangdam Siliwangi dengan berkunjung ke rumah saya. Tadi beliau menyaksikan langsung cara kerja alat pemadam api buatan saya,” tuturnya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Danrem 063 Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca berkunjung ke rumah H Aryanto Misel, Kamis 5 Mei 2022.

Selama kunjungannya tersebut, Pandam Siliwangi bersama rombongan meninjau langsung hasil ciptaan H Aryanto Misel seperti Nikuba alat pengubah air jadi BBM, bom bola pemadam api kebakaran, dan rencana membuat rompi anti peluru dari bahan alami ciptaannya.

BACA JUGA:Kencani Emak-Emak Tetangga, Kakek Lemas Hingga Tertidur, Ternyata Tewas

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengaku, melihat alat temuan Aryanto ini, sebagai satu upaya yang luar biasa dan metedologi yang baru, karena tidak akan ketergantungan dengan BBM fosil.

“Sejumlah kendaraan dinas di lingkungan Kodam III Siliwangi sudah menggunakan alat buatan pak Aryanto Misel ini.”

Sumber: