Pemudik di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung Kecewa, Mau Menyeberang Disuruh Putar Balik

Pemudik di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung Kecewa, Mau Menyeberang Disuruh Putar Balik

Ilustrasi/Para porter pelabuhan Tanjung Perak membantu penumpang kemarin (1/5).-Julian Romadhon-

BANDARLAMPUNG, DISWAY.ID-Sejumlah pemudik di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung yang akan menyeberang menuju Ciwandan, Cilegon kecewa karena diminta untuk putar balik karena sudah tidak melayani pemudik.

Salah satu pemudik minibus, Heri yang akan menuju Kabupaten Bekasi usai mengunjungi kerabat di Kabupaten Pesawaran, Lampung diminta putar balik dan menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni.

Padahal menurut informasi yang diterima Heri, Pelabuhan Panjang tetap beroperasi hingga hari Senin 9 Mei 2022.

“Katanya tetap beroperasi sampai hari ini, tapi nyatanya kami di suruh pergi, di arahin ke Bakauheni saja, ini buang-buang waktu saya,” katanya.

Sementara petugas yang tidak ingin di sebutkan namanya, mengatakan kapal yang bersandar hanya untuk mengangkut barang menuju Semarang. 

“Tanggung, karena kapalnya ngangkut barang ke Semarang, pemudik cuma dikit,” katanya.

Berdasarkan pendataan PT Pelindo Regional 2 Panjang terhadap laporan arus balik Lebaran 2022 sejak 30 Mei 2022 hingga 8 Mei 2022, pelabuhan setempat diketahui telah mengangkut penumpang sebanyak 9.540 orang dan 4.342 unit kendaraan.

Catatan itu turut menghimpun penumpang pejalan kali, sepeda motor, hingga mobil dalam 14 keberangkatan kapal, dengan rincian keterangan 1 kali bongkar dan 13 kali muat.

BACA JUGA:Pencuri Emas di Tangerang Ternyata Punya Rumah Mewah di Lampung

Sementara , sekitar 3376 kendaraan, dan 9540 pemudik menyeberang dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan Cilegon, Banten dari 4 Mei - 8 Mei 2022.

Sebelumnya, Manager Humas PT.Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 cabang Panjang, Frans Radian mengatakan pada Senin 9 Mei 2022, ada 3376 kendaraan dan 9540 pemudik menyeberang dari Pelabuhan Panjang Bandarlampung ke Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten dari 4 Mei hingga 8 Mei 2022.

Lebih rinci, Frans menyampaikan ada beberapa Kapal keberangkatan sebagai Kapal Alternatif pengurai kemacetan di Bakauheni dipakai melalui Jalur Pelabuhan Panjang, Bandarlampung ke Pelabuhan Ciwandan.

BACA JUGA:Satu Perwira Terjaring OTT, Kabid Humas Polda Lampung Beri Penjelasan

Yakni KM Ceremai, Kapal Titian Nusantara, KMP Kumala, KMP Mutiara Berkah 1, KMP Panorama Nusantara, dan KMP Mutiara Ferrindo VII.

Sumber: radar lampung