Keberangkatan Jemaah Haji 2022, Kemenag Bengkulu Tunggu Info Kelompok Terbang

Keberangkatan Jemaah Haji 2022, Kemenag Bengkulu Tunggu Info Kelompok Terbang

Ilustrasi keberangkatan jemaah haji asal Indonesia. Untuk tahun ini kuota jemaah haji reguler lebih dari ketentuan UU. Foto: jawapos.--

BENGKULU, DISWAY.ID-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr. H. Zahdi Taher, M.Hi melalui Kabid PHU, Dr. H. Intihan, S. Ag. MH menjelaskan pihaknya terus mengebut finalisasi pemberangkatan.

Mengingat pada 3 Juni mendatang diagendakan untuk pemberangkatan kloter pertama. Untuk itu mulai Senin 9 Mei 2022 mulai dibuka kembali untuk pelunasan ongkos Haji.

“Karena 3 Juni ini, jemaah haji sudah masuk asrama untuk kloter pertama. Besoknya tanggal 4 itu sudah mulai terbang ke Arab Saudi. Hanya saja untuk Bengkulu ini, kita masih menunggu kita masuk di kloter berapa,“ jelasnya.

Kabid PHU Intihan mengatakan, melihat dari ujungnya pemberangkatan Haji pada 2020 lalu, menyebabkan beberapa jamaah melakukan penarikan biaya untuk ongkos hajinya.

BACA JUGA:Kemenag Imbau Jemaah Haji Berangkat 2022 Segera Proses Konfirmasi

Mulai hari ini berdasarkan arahan Kemenag, pihaknya mulai kembali membuka untuk pelunasan.

“Insya Allah Senin ini (hari ini, red), jam 8 pagi seluruh Bank sudah membuka untuk pelunasan. Pelunasan ini ada dua macam. Karena kan pada 2020 itu ada beberapa jamaah yang menarik setor lunasnya. Mereka ini wajib datang ke bank untuk menyetorkan kembali sesuai ongkos haji tahun ini. Ini kan ongkos haji untuk Bengkulu itu sekitar Rp 37 jutaan, “ ungkapnya.

Sementara bagi jemaah haji yang tidak menarik setor lunas, juga diharuskan datang ke Bank untuk melaporkan kembali pelunasan pembayaran, agar diberikan bukan pelunasan baru oleh bank.

“Dan bagi jamaah haji yang berhalangan hadir ke bank itu bisa diwakilkan oleh pihak Kanwil Kemenag kabupaten kota melalui kasi hajinya. Cukup bawa pengantar maka Kanwil Kemenag bisa mewakili seluruh jamaah di masing-masing kabupaten kota,“ imbuhnya.

Hal ini mempertimbangkan bahwa ditakutkan jika diserahkan seluruh kepada jamaah hanya untuk pelaporan itu. Dikhawatirkan dari para jamaah berhalangan hadir.

BACA JUGA:Ini Daftar Nama Jemaah Haji Indonesia Berhak Berangkat 2022

Jadi untuk mengoptimalkan waktu sedikit ini, maka Kanwil Kemenag tinggal melaporkan bahwa jamaah haji ini akan berangkat tahun ini.

“Ini lebih efisien, dibandingkan satu satu jamaah ini melaporkan sendiri dan belum tentu jamaah berada di kabupaten itu. Siapa tahu dia sedang berada di luar provinsi,“ jelasnya.

Ia merinci, untuk Kota Bengkulu ada 167 jamaah yang terbagi Bengkulu Utara sisa kuota 107 jamaah. 

Sumber: rakyat bengkulu