Dinkes Kota Cilegon Waspada Hepatitis Akut Misterius

Dinkes Kota Cilegon Waspada Hepatitis Akut Misterius

Ilustrasi hepatitis. Sumber: Pixabay--

CILEGON, DISWAY.ID-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. 

Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengatakan, kewaspadaan terhadap kasus ini, juga disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut. 

Ia juga memerintahkan kepada fasilitas kesehatan di Kota Cilegon untuk meningkatkan pengawasan dan melaporkan jika ada pasien terindikasi hepatitis akut.

"Begitu terima surat edaran dari Kemenkes, langsung saya koordinasikan ke semua fasilitas kesehatan di Kota Cilegon dan tim Promosi Kesehatan juga sudah menyosialisasi melalui media sosialnya dengan memberikan pengetahuan tentang hepatitis akut seperti apa saja gejalanya dan bagaimana cara mencegah anak dari hepatitis akut,” kata Ratih, Senin 9 Mei 2022.

Dijelaskan Ratih, hepatitis akut ini memiliki gejala hampir sama dengan hepatitis biasa yakni warna mata menguning, mual, muntah, diare berat dan pucat warnanya, demam ringan.

BACA JUGA:Hepatitis Akut Mulai Mengancam, Wagub DKI Minta Masyarakat Waspada: Kita Harap Tidak Ada Masalah

“Jadi jika ada anak yang mengalami ciri-ciri tersebut dimohon segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Karena fasilitas kesehatan di Kota Cilegon sudah mempunyai sistem untuk melaporkan kasus ini agar kewaspadaan dini terhadap kasus ini bisa diketahui,” jelasnya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) karena hepatitis akut ini merupakan penyakit menular melalui mulut dan pernapasan.

“Jadi mencuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir sangat penting dan mengolah makanan harus higienis serta menjaga jarak karena penularannya bisa melalui udara makanya harus jaga jarak dan memakai masker,” ujarnya.

BACA JUGA:Awas! Satu Orang di Bekasi Diduga Terjangkit Hepatitis, Pasien Langsung Dilarikan ke RSCM

Ratih berharap, semoga dengan adanya pembelajaran menghadapi pandemi Covid-19 kita sudah belajar bagaimana kita harus berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker agar semua penyakit bisa dihindarkan.

Sumber: Radar Banten