Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

Tips Perawatan sepeda motor-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID – Musim mudik lebaran 2022 telah usai, tinggal arus balik yang mewarnai jalan raya di berbagai daerah di Indonesia.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, tentunya sehabis digunakan untuk mudik harus dicek kembali. Tujuan utamanya tentu agar saat digunakan beraktivitas dalam kondisi prima.

Inspeksi komponen penting agar motor tetap dalam performa yang baik ketika digunakan sehari-hari. 

Jangan sampai karena alasan malas atau berpikir motor sudah servis sebelum mudik, kalian melewatkan hal penting ini.

BACA JUGA:Seorang Anak di Kota Bekasi Diduga Terjangkit Hepatitis, Dirujuk ke RSCM Jakarta

Menurut Slamet Kasianom, selaku Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ada 8 komponen yang wajib diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Berikut komponen yang harus diperiksa setelah perjalanan mudik:

1. Oli Mesin

Hal pertama yang wajib diperiksa apabila sepeda motor habis dipakai mudik yakni kondisi oli mesin. Untuk motor yang sudah waktunya ganti oli, jangan kompromi segera ganti oli mesin yang baru.

"Untuk motor yang sebelum mudik sudah ganti oli dengan perjalanan tidak terlalu jauh bisa mengecek kondisi kepekatan dan volume oli dari dipstick. Bila berkurang (volume oli), bisa ditambahkan sesuai dengan volume rekomendasi pabrikan," ujar Slamet.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Prancis 2022 di Le Mans Pekan Ini: Mau Sampai Kapan Puasa, Marc Marquez?

2. Rem

Kedua adalah mengecek sistem pengereman sepeda motor, baik di sektor depan maupun belakang. Pastikan komponen kampas rem, piringan rem, dan minyak rem dalam kondisi normal.

Jika kondisinya masih bagus, Anda bisa melakukan pembersihan saja agar tak ada kotoran serta debu yang membandel di sela-sela piringan rem dan kampas rem.

Sumber: