Pastikan Periksa 7 Komponen Mobil Setelah Mudik Agar Tidak Kecolongan

Pastikan Periksa 7 Komponen Mobil Setelah Mudik Agar Tidak Kecolongan

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil kembali prima untuk mobilitas sehari-hari dan pastikan periksa 7 komponen mobil setelah mudik agar tidak kecolongan.-suzuki-

JAKARTA, DISWAY.ID- Pemeriksaan mobil setelah mudik tentu akan berbeda dengan pemeriksaan mobil yang digunakan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil kembali prima untuk mobilitas sehari-hari dan pastikan periksa 7 komponen mobil setelah mudik agar tidak kecolongan.

“Khusus untuk kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal,” ujar Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Kamis 12 Mei 2022.

BACA JUGA:Habib Bahar Ogah Dengar Nama Haikal Hassan dan Prabowo Subianto Lagi: Pengkhianat PA 212!

“Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kondisi suku cadang,” tambahnya.

 

Kondisi Suku cadang yang penting untuk diperiksa yaitu:

1. Filter Oli dan Oli Mesin

Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen.

BACA JUGA:Baru Pulang Mudik Pakai Mobil, Segera Lakukan Tindakan Ini

Sedangkan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian.

Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000 kilometer pertama, dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 kilometer.

Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Kebakaran di Pasar Ciputat yang Hanguskan 97 Bangunan

2. Busi

Busi memiliki peran penting terhadap kinerja mesin mobil. Maka dari itu, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisi busi.

Penggantian busi dianjurkan setiap pemakaian 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

3. Filter Udara

Pemilik kendaraan harus memastikan pemeriksaan filter udara dan diganti apabila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari.

BACA JUGA:Iqlima Kim Menangis, Hidungnya Terus Menerus Keluarkan Darah: Aku Capek Nggak Bisa Ngomong Lagi

Filter udara dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar yang digunakan karena filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar.

 

Setidaknya lakukan pembersihan filter udara.

Penggantian filter udara dapat dilakukan setiap 40.000 kilometer dan harus dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

BACA JUGA:Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

4. Kampas Rem

Setelah melakukan perjalanan jauh, menikmati kemacetan atau saat melalui jalur one way dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama, atau melakukan braking dengan frekuensi lebih sering, pemilik utamanya harus memperhatikan pemeriksaan kampas rem.

Penggantian kampas rem dapat dilakukan pada 50.000 sampai 105.000 kilometer atau periode pemakaian sekitar selama 3 tahun.

5. Ban Mobil

Perjalanan jauh juga berpotensi terus menggerus permukaan ban sehingga menjadi lebih licin. Untuk itu, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik.

BACA JUGA:Baru Pulang Mudik Pakai Mobil, Segera Lakukan Tindakan Ini

Sesuaikan kondisi tekanan angin ban apabila pengendara merasakan ketidaknyamanan ketika di jalan. Segera ganti ban apabila kondisi ban sudah aus atau licin.

Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya melalui permukaan jalan yang seringkali berbeda, serta membawa muatan yang berbeda saat pergi dan pulang.

Untuk itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan sporing dan balancing.

6. Aki Mobil

Sebagai salah satu komponen yang menjadi sumber kelistrikan mobil, pemilik mobil dianjurkan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian aki secara rutin setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Jangan tunggu sampai aki habis dan mobil mogok.

BACA JUGA:LGBT Masuk Podcast? Dokter Eva: Seakan Gay Diterima dan Boleh Berkembang di Masyarakat

7. Karet Wiper

Setelah melakukan perjalanan mudik yang jauh, mobil mungkin saja sering terkena hujan dan terik matahari.

Hal ini bisa mempengaruhi kondisi dan kinerja karet wiper seperti kering atau tidak kesat.

Padahal karet wiper merupakan salah satu hal yang penting dalam membantu pengemudi mendapatkan visibilitas yang baik terutama saat hujan.

Untuk itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian karet wiper setiap 2 tahun sekali.

BACA JUGA:Bukan Rp 4,5 Juta, CEO Sebut Harga Jual Nikuba Ternyata Lebih Mahal

“Mengganti suku cadang resmi yang dirancang khusus untuk kendaraan Suzuki merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan pemilik kendaraan agar umur pakai kendaraan lama, kinerja mesin baik, dan terhindar dari potensi kerusakan di tengah jalan,” jelas Christiana Yuwantie.

“Selain pembelian langsung di bengkel resmi Suzuki, konsumen juga dapat membeli suku cadang secara daring di aplikasi MySuzuki. Sejalan dengan upaya kami menghadirkan inovasi dalam pemenuhan kebutuhan suku cadang kendaraan,” tambahnya.

“Suzuki akan terus meningkatkan pelayanan dan kualitas suku cadang untuk memberikan kinerja terbaik bagi kendaraan konsumen,” pungkasnya.

Sumber: