Cek Oli Mesin Berkurang Dengan Dipstick Agar Gak Bikin Masalah di Jalan

Cek Oli Mesin Berkurang Dengan Dipstick Agar Gak Bikin Masalah di Jalan

Sangat disarankan sepulang mudik untuk dapat cek oli mesin berkurang dengan dipstick agar gak bikin masalah di jalan.-freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID – Meskipun merada dalam ruangan yang tertutup rapat, namun tidak menutup kemungkinan kapasitas oli dalam mesin akan berkurang.

Untuk mengetahui hal tersebut dapat cek oli mesin berkurang dengan dipstick agar gak bikin masalah di jalan.

Berkurangnya kapasitas oli dalam mesin ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya penguapan atau kerusakan pada packing serta sil sehingga terjadinya rembesan oli.

Saat perjalanan jauh seperti mudik, oli mesin mobil berkurang saat digunakan adalah hal yang wajar terjadi. 

BACA JUGA:Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

Hal ini dikarenanya terjadi karena adanya penguapan, namun jika berkurangnya dalam jumlah yang cukup banyak akan menimbulkan permasalahan pada kendaraan. 

Pasalnya Oli memiliki peran penting bagi kendaraan yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.

“Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan salah satunya kualitas oli mesin yang kurang bagus serta tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan,” papar Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.

Samsudin menambahkan, oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan. 

BACA JUGA:Spesifikasi Mitsubishi Fighter X dan Canter, Mesin Baru yang Lebih Bertenaga, Mudah Perawatanya dan Efisien

Sehingga pengurangan oli yang berlebihan bisa diatasi. 

Selain kualitas dan kesesuaian oli mesin, hal lain yang menjadi penyebab terjadi nya pengurangan oli secara berlebihan adalah adanya kebocoran oli dari seal atau packing yang terdapat di mesin kendaraan. 

Ini penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah. 

Tak hanya itu, penyebab oli mesin berkurang secara berlebihan adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar yang akan menbabkan kerusakan seperti goresan pada dinding cylinder mesin yang membuat oli mesin semakin berkurang.

Sumber: