Kabar Jokowi Tak Disambut Pejabat AS jadi Perdebatan, Said Didu Beberkan 3 Dugaan Penyebabnya

Kabar Jokowi Tak Disambut Pejabat AS jadi Perdebatan, Said Didu Beberkan 3 Dugaan Penyebabnya

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS, Selasa 10 Mei 2022 malam waktu setempat.-BPMI Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi perbincangan usai tak disambut oleh pejabat Amerika Serikat saat mendarat di Washington DC.

Dalam tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden hanya tampak Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani beserta istri yang berdiri di sisi karpet merah, dan protokoler militer AS yang membawa dua bendera Indonesia dan tuan rumah.

Hal itu tentu menimbulkan perdebatan apa penyebab Presiden Jokowi tak disambut oleh pejabat AS. Mengingat Jokowi merupakan salah satu tamu penting untuk menghadiri pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS).

Mengenai kabar tersebut, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak disambut pejabat Amerika Serikat saat tiba di Washington.

BACA JUGA:Satu Tetes Air Nikuba Bisa Buat Motor Berjalan Sejauh 50 Km? CEO Iwan: Akurat, Tapi...

BACA JUGA:Ruhut Sitompul Dilaporkan ke Polisi Terkait UU ITE, Unggahan Foto Editan Anies Pakai Koteka Tuai Kecaman

Dalam cuitannya, Said Didu berspekulasi jika Presiden Jokowi adalah tamu yang baik jadi tak perlu merepotkan pejabat AS untuk menyambut. Tak hanya itu, Said Didu juga menduga pejabat AS menghargai Jokowi sehingga tak mau berbicara di bandara

“Tdk adanya penyambutan Presiden RI oleh pihak AS, yg terjadi adalah : 1) sbg tamu yg baik, Bpk Presiden tdk mau merepotkan tuan rumah.2) pjbt AS menghargai Presiden shg tdk mau bicara di Bandara, 3) pjbt AS tdk mau mendahului penybutan Elon Mask. Sudah jelas ?,” ungkap Said Didu, dikutip dari Twitter @msaid_didu, pada 12 Mei 2022.

Di sisi lain, aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Papua Natalius Pigai menyebut kedatangan Jokowi bagaikan kunjungan para menteri yang sedang berwisata.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Kebakaran di Pasar Ciputat yang Hanguskan 97 Bangunan

"Jokowi Tiba di Pangkalan Militer AS, ketika Pintu Pesawat Dibuka Dubes AS Rosan Roeslani sj yg jemput Itu potret kita di mata dunia saat ini karena dukung Rusia. Datang seperti seorang menteri yg berwisata @jokowi" ujar Natalius di akun Twitter @NataliusPigai2.

Roy Suryo singgung pesawat sewaan Presiden

Sebelumnya, Mantan Menpora Roy Suryo bereaksi keras usai pihak Istana memutuskan menyewa pesawat untuk kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Amerika Serikat (AS), pada Selasa 10 Mei 2022.

Roy Suryo merasa heran, pasalnya pesawat bernomor B-777-300ER milik maskapai Garuda Indonesia yang dipakai Jokowi dan rombongan dicat ulang, padahal pemerintah sudah memiliki pesawat kepresidenan yang sangat mumpuni.

Sumber: