Setelah 5 Penjabat Gubernur Dilantik Giliran 170 Kepala Daerah Segera Diganti, Ini Daftarnya

Setelah 5 Penjabat Gubernur Dilantik Giliran 170 Kepala Daerah Segera Diganti, Ini Daftarnya

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian --Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Sukses melantik 5 pejabat (pj) gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kamis 12 Mei 2022. Kini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera menyiapkan pejabat untuk menempati posisi 170 kepala daerah.

Ya, Kemendagri memiliki tugas lanjutan yang cukup besar, yakni menyiapkan 170 pejabat menggantikan posisi Gubernur, Wali Kota dan Bupati yang masa bhaktinya habis pada tahun tahun 2023.

Pemilihan penjabat gubernur sesuai aturan yang berlaku, yakni Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

BACA JUGA:Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian saat Melantik 5 Pejabat Gubernur

”Penjabat gubernur di tahun berikutnya akan ditentukan setelah melihat hasil evaluasi dari penjabat yang ditunjuk saat ini. Syaratnya pejabat tinggi madya setara eselon I,” jelas Tito Karnavian. 

Ya, dalam prosesi pelantikan 5 pejabat gubernur itu, Tito berpesan mereka yang dilantik harus siap dan taat dalam bekerja, melaksanakan fungsi dan tugas yang diembankan.

”Bekerjalah sebaik mungkin didasari dengan ketentuan dan UU yang berlaku. Lakukan komunikasi dengan pemerintah pusat, forum koordinasi pimpinan daerah, pemerintah kabupaten, pemerintah kota dan masyarakat,” tutur Tito Karnavian.

Berikut ini 5 pejabat penjabat yang dilantik:

BACA JUGA:Dipastikan 5 Pejabat Gubernur Dilantik Besok, Catat Ini 4 Larangannya  

1. Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasna Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Paulus Waterpauw sebagai Pj. Gubernur Papua Barat.

2. Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Hamka Hendra Noer sebagai Pj. Gubernur Gorontalo.

3. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Barat.

4. Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj. Gubernur Banten,

5. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Jamaludin sebagai Pj. Gubernur Bangka Belitung

Sumber: