Suzuki Resmi Berhenti dari MotoGP Akhir 2022 Karena Masalah Keuangan

Suzuki Resmi Berhenti dari MotoGP Akhir 2022 Karena Masalah Keuangan

Karena permasalah keuangan Suzuki resmi keluar dari MotoGP akhir 2022. -suzuki-motogp.com-

JAKARTA, DISWAY.ID – Setelah beredar kabar tentang berhentinya Suzuki dari MotoGP pada akhir 2022 ini, akhirnya Suzuki resmi umumkan berhenti dari MotoGP kerana masalah keuangan.

Dalam rilis resminya terungkap bahwa Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir tahun 2022.

Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk lebih fokus pada perubahan besar yang terjadi di dunia otomotif, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya serta sumber daya manusia dalam mengembangkan teknologi baru.

BACA JUGA:Suzuki Ambil Keputusan Sepihak, Dorna Singgung Soal Kontrak: 'Banyak Pabrikan Lain yang Mau Gabung MotoGP!'

Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami.

Meskipun demikian, legalitas dari pemisahan kontrak awal seperti itu masih perlu diselesaikan, oleh karena itu pihak Suzuki masih melakukan diskusi dengan Dorna untuk jalan keluarnya. 

Meskipun sempat memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 2020 dengan pembalapnya Joan Mir serta Aleix Rins posisi ke tiga.

Namun kondisi ekonomi serta perpindahan ke teknologi listrik membuat Suzuki memutuskan untuk mengakhiri musim balapnya di MotoGP pada 2022.

BACA JUGA:Keith Huewen: Suzuki Keluar dari MotoGP, Terancam Bayar Denda yang Besar

Keluarnya Suzuki dari MotoGP bukanlah unutk pertama kali di mana pada 2012 hingga 2014, pabrikan asal Jepang ini juga sempat berhenti dari MotoGP karena krisis keuangan.

Akan tetapi berhentinya Suzuki pada saat ini seiring dengan habisnya kontrak dengan Dorna, sehingga memudahkan saat Suzuki akan kembali ke kancah balapan dunia ini.

Dengan resminya Suzuki keluar dari MotoGP akhir 2022 ini, membuat JoanMir, Alex Rins dan anggota tim lainnya untuk mencari tempat lain dalam menghadapi musim 2023 mendatang. 

Dilansir dari crash.net, meskipun belum menapaki podium utama pada 2022 ini, namun Mir merupakan salah satu pembalap generasi muda terbaik di MotoGP setara dengan Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia.

BACA JUGA:Suzuki Kembali Berhenti dari MotoGP, Apakah Karena Masalah Keuangan Lagi?

Sumber: