Al Muktabar Resmi Jadi Penjabat Gubernur Banten, Mendagri: Dipercaya Pak Presiden

Al Muktabar Resmi Jadi Penjabat Gubernur Banten, Mendagri: Dipercaya Pak Presiden

Pelantikan Penjabat Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sekda Banten Al Muktabar resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pelantikan Al Muktabar resmi jadi penjabat Gubernur Banten dilakukan di gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis 16 Mei 2022.

Dengan mengenakan pakai dinas upacara besar (PDUB), Al Muktabar dilantik bersama empat Pj Gubernur lainnya yakni Bangka Belitung, Gorontalo, Papua Barat, dan Sulawesi Barat.

BACA JUGA:Fix! Al Muktabar Dilantik sebagai Penjabat Gubernur Banten Besok di Kantor Kemendagri

Pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 50/P/2022 tanggal 9 Mei 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Dalam sambutannya, Tito mengatakan, apa yang terjadi saat ini adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak-bapak karena dipercaya Tuhan Yang Maha Kuasa dan dipercaya Pak Presiden untuk menjabat sebagai Penjabat Gubernur,” tutur Tito, Kamis, 12 Mei 2022.

Kelima kepala daerah itu masa jabatannya habis pada 12 Mei.

BACA JUGA:Burunon Oknum Kepala Sekolah Cabuli Murid-Muridnya Ditangkap di Sidoarjo

Sesuai dengan UU, kekosongan kepemimpinan itu diisi Pj sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mantan Kapolri ini mengatakan, penjaringan nama-nama calon itu berdasarkan masukan dari tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat yang ada di daerah masing-masing.

“Kami sampaikan ke Presiden melakukan sidang,” ujar Tito. 

Sebelumnya, kepastian pelantikan Al Muktabar sudah diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto pada hari kemarin.

Sumber: