Lakukan Sunnah-sunnah Ini di Hari Jumat, Insya Allah Rezekimu Semakin Berkah

Lakukan Sunnah-sunnah Ini di Hari Jumat, Insya Allah Rezekimu Semakin Berkah

Ilustrasi, selasar Masjid di Dubai, Uni Emirate Arab-Rachelle Magpayo-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari terbaik dibanding enam hari lainnya. Terdapat keberkahan yang Allah SWT turunkan di hari tersebut.

Allah SWT tak serta merta mengkhususkan hari Jumat sebagai hari terbaik. 

Raul-Nya, Nabi Muhammad SAW memberi tahu umatnya bahwa hari Jumat adalah hari pertama penciptaan manusia.

BACA JUGA:Masya Allah, Doa Setelah Salat Dhuha Itu Luar Biasa, Bisa Mendatangkan Rezeki Tak Disangka-sangka

Mulai penciptaan hingga rezeki, Allah sudah menganturnya dengan sedemikian rinci. Masya Allah...

Sehingga tak heran, Nabi Muhammad, sebagai bentuk rasa syukurnya kepada Allah SWT, selalu menerapkan amalan-amalan sunnah yang ringan namun berfaedah. Apa itu?

Seperti dikutip dari Muslim.or.id, setidaknya terdapat 8 amalan sunnah yang selalu dilakukan Nabi Muhammad di hari Jumat penuh berkah ini. Di antaranya;

1. Memperbanyak Sholawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

BACA JUGA:Kalau Kamu Gagal, Segera Move On, Jemput Rezeki dari Pintu Lain

2. Mandi Jumat

Mandi pada hari Jumat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang baligh berdasarkan hadits Abu Sa’id Al Khudri, di mana Rasulullah bersabda yang artinya, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim).

Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir.

Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat.

Sumber: