Nadiem Makarim Akan Terapkan Kurikulum Merdeka di 400 Ribu Sekolah Tahun Ini

Nadiem Makarim Akan Terapkan Kurikulum Merdeka di 400 Ribu Sekolah Tahun Ini

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim saat memimpin Upacara Hardiknas 2022, Jumat 13 Mei 2022.--Kemendikbudristek

JAKRATA, DISWAY.ID-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, tahun ini Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 400 ribu satuan pendidikan, sekolah di Seluruh Indonesia.

Nadiem Makarim mengatakan, kurikulum merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. 

Pada masa Pandemi Covid-19 menurut Nadiem, Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar.

BACA JUGA:Mendikbud Nadiem: Kurikulum Merdeka Simpel, Tidak Ada Hubungan dengan Sarpras

Upaya tersebut mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. 

“ltu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia akan belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” terangnya.

“Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk ‘menghukum’ guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar. Supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan,” tambah Nadiem.

BACA JUGA:Mendikbud Nadiem Bilang, Angka Perudungan Pelajar Indonesia Masih Tinggi

Menurut Nadiem, hingga tahun ketiga Pandemi, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan dalam Merdeka Belajar untuk menghasilkan perubahan yang positif.

“Tahun ini kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” tegas Nadiem saat memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 secara hibrida di halaman kantor Kemendikbudristek, Jumat 13 Mei 2022. 

Adapun upacara dilaksanakan pada 13 Mei 2022 menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriyah.

Sumber: