Ini 15 Peristiwa yang Bikin Jutaan Orang Percaya Takhayul 'Friday The 13th'

Ini 15 Peristiwa yang Bikin Jutaan Orang Percaya Takhayul 'Friday The 13th'

Ilustrasi/ Friday The 13th--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-Dalam satu dekade diketahui ada sekitar 20 tanggal 13 di Hari Jumat. Sebagian orang mempercayai takhayul bahwa tanggal 13 pada hari Jumat adalah tanggal sial. 

Tidak diketahui dengan pasti asal-usul takhayul itu berasal, namun dipercayai telah ada sejak abad pertengahan.

Ada yang mengaitkan dengan perjamuan terakhir Yesus dimana ada 13 orang yang hadir. 

Atau dalam mitologi Nordik menunjukkan pesta makan malam 12 dewa di Valhalla, Dewa Penipu Loki tiba sebagai tamu tak diundang ke-13 dan menembak dewa lainnya. 

Sekitar abad ke-19, seorang komposer Italia meninggal pada hari Jumat tanggal 13 dan penulis biografinya mencatat bahwa dia, seperti orang Italia lainnya, percaya bahwa hari itu adalah hari sial.

BACA JUGA:Pesawat Tibet Airlines Terbakar, 113 Penumpang Selamat

Dari rangkaian peristiwa yang terjadi itu, akhirnya muncul bahwa 13 adalah angka sial. 

Melansir TheSun, 13 Mei 2022, jutaan orang di Amerika dilaporkan takut datangnya hari Friday The 13th yang jatuh hari ini, Jumat 13 Mei 2022 karena hanya ada satu hari Jumat tanggal 13 di tahun 2022. Friday The 13th baru akan ada lagi pada 13 Januari 2023.

Hal buruk apa yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 dan kenapa dikaitkan dengan tahayul hari sial.

Berikut adalah rangkuman sejumlah peristiwa besar yang terjadi pada Jumat tanggal 13;

1. Rapper legendaris Tupac Shakur meninggal pada hari Jumat, 13 September 1996, enam hari setelah ditembak di sebuah drive-by Las Vegas. Itu adalah salah satu tragedi hip-hop terbesar tetapi pembunuhan itu tetap belum terpecahkan, mengarah ke ratusan teori konspirasi yang berbeda, termasuk argumen bahwa produser musik itu sebenarnya tidak mati.

2. Pada hari Jumat 13, 1976, seorang pria tewas ketika atap flatnya ambruk. Anehnya, Daz Pearson memilih untuk tinggal di rumah karena dia punya firasat buruk akan terjadi sesuatu padanya.

3. Para ahli di Pusat Manajemen Stres dan Institut Phobia di Carolina Utara sebelumnya memperkirakan bahwa lebih dari 700 juta Euro hilang setiap tahun karena orang-orang bolos kerja karena takhayul tanggal 13 Jumat.

Namun krisis uang terbesar terjadi dalam kecelakaan kecil pada 13 Oktober 1989. Itu adalah kehancuran terbesar kedua Dow Jones Industrial Average hingga saat ini.

Sumber: