Ruhut Sitompul Terancam, Ternyata Ini Sosok Tak Terduga Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Papua

Ruhut Sitompul Terancam, Ternyata Ini Sosok Tak Terduga Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Papua

Ini Sosok Tak Terduga Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Khas Papua--Instagram/ @aganharahap

JAKARTA, DISWAY.ID - Sosok pembuat meme Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pakai koteka adat Papua akhirnya terungkap.

Foto meme Anies Baswedan yang diunggah politikus Ruhut Sitompul itu ternyata buatan seniman digital imaging Agan Harahap.

Dalam meme foto yang dibuat oleh Agan Harahap, Anies Baswedan tampak mengenakan pakaian adat Suku Dani dari Papua. 

Anies Baswedan juga terlihat tengah bertelanjang dada. Tidak hanya itu hidung Anies juga tampak ditindik dengan taring babi.

BACA JUGA:Geger Orang Pakaian Serba Putih dan Bercadar Keliling Kampung di Pringsewu

Menurut pantauan Disway.id dari Instagram @aganharahap, foto editan Anies itu sudah diunggah oleh Agan Harahap di akun media sosialnya pada 17 Oktober 2017 lalu. 

Agan menuliskan keterangan Pro Pribumi!. Sampai saat ini, foto yang dibuat lima tahun lalu itu masih di akun IG Agan Harahap. 

Sontak saja foto meme Anies Baswedan yang memakai koteka itu langsung membuat heboh banyak orang, Namu foto itu berujung pelaporan terhadap Ruhut Sitompul ke Polda Metro Jaya.

Ruhut terancam UU ITE usai menyebarkan foto meme Anies itu di Twitter pribadinya. Ia dianggap melecehkan bernada rasis.

BACA JUGA:Petik Mangga Muda untuk Istri, Suami Tersengat Listrik di Atas Pohon

Dikutip dari FIN.co.id, Agan Harahap memiliki alasan tersendiri membuat foto editan Anies dan menunggah di Instagram-nya.

“Sebetulnya itu editan lama saya di tahun 2017. Itu saya buat dalam rangka merespons pidato perdana Anies Baswedan, sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017,” ucap Agan Harahap, Jumat 13 Mei 2022.

Saat itu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berhasil mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

BACA JUGA:Hari Raya Waisak, Momentum Umat Buddha Rayakan 3 Peristiwa Penting di Bulan Vesakha

Sumber: