110 Rumah di Mamuju Tengah Diterjang Banjir, Evakuasi Sedang Berjalan

110 Rumah di Mamuju Tengah Diterjang Banjir, Evakuasi Sedang Berjalan

110 rumah dan fasilitas umum di kabupaten Mamuju Tengah diterjang banjir, evakuasi sedang berjalan, Minggu 15 Mei 2022. -BPBD Mamuju Tengah -Disway.id

MAMUJU, DISWAY.ID - Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah menyebabkan 110 rumah dan lahan pertanian warga terendam banjir.

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya sungai Karama yang memicu banjir pada hari Minggu 15 Mei pukul 19.45 WITA. 

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah tercatat sebanyak 110 KK terdampak kejadian tersebut.

BACA JUGA:Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah Sulbar Terendam Banjir, 300 Hektar Lahan Pertanian Ikut Terdampak

Daerah yang penduduknya mengalami dampak yakni Dusun Bajo dan Dusun Along-along di Desa Lemo-Lemo, Kecamaran Pangale.

 

Berdasarkan laporan pemantauan visual terdapat beberapa titik yang masih tergenang banjir, tinggi muka air berkisar antara 50 sentimeter.

Sulitnya akses menuju lokasi terdampak, menjadi kendala yang ditemui. Pemerintah setempat saat ini sedang mengupayakan akses transportasi yang dapat digunakan untuk mempermudah penanganan darurat bagi warga terdampak.

Selain itu, BPBD juga melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan monitoring dan pendataan dilokasi kejadian. Hal ini bertujuan untuk menjadi acuan dalam pengambilan langkah percepatan penanganan banjir.

BACA JUGA:Bendungan Keureuto Baru Rampung Tahun Depan, Kendalikan Banjir Aceh Utara

Mengacu kepada prakiraan cuaca dari BMKG untuk dua hari kedepan (17/5) wilayah Mamuju berpotensi hujan ringan pada siang atau malam hari.

"Diharapkan bagi warga yang tinggal disekitar aliran sungai lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari. 

Salah satunya, warga dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap kenaikan debit air ketika hujan deras dengan intensitas tinggi dan berdurasi panjang terjadi.

BACA JUGA:Banjir Cirebon 662 Rumah Terdampak, 2 Kecamatan Masih Tergenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: