3 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem, Salah Satunya Hindari Kontak dengan Matahari

 3 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem, Salah Satunya Hindari Kontak dengan Matahari

3 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem--Freepik/cookie_studio

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia kini jadi salah satu negara dilanda cuaca panas yang diperkirakan berlangsung hingga pertengahan Mei 2022. 

Cuaca panas dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan kardiovaskular, penyakit pernapasan, hipertermia, serebrovaskular serta kondisi terkait diabetes dan Heat stroke.

Sebagaimana dikutip dari laman Kesehatan Dunia (WHO) via PMJ NEWS, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat cuaca panas seperti sekarang ini.

BACA JUGA:Kecelakaan Tol Sumo Tewaskan 14 Penumpang Bus PO Ardiansyah

1. Jaga Agar Rumah Tetap Sejuk

Saat cuaca panas, pastikan ruangan tetap sejuk. Periksa suhu kamar antara pukul 08:00 dan 10:00, pukul 13:00, dan pada malam hari setelah pukul 22:00 WIB.

Idealnya, suhu ruangan harus dijaga di bawah 32 derajat Celsius pada siang hari dan 24 derajat Celsius pada malam hari. Ini sangat penting untuk bayi atau orang yang berusia di atas 60 tahun atau memiliki kondisi kesehatan kronis.

Gunakan udara malam untuk mendinginkan rumah. Buka semua jendela dan daun jendela pada malam hari dan pagi hari ketika suhu luar lebih rendah.

BACA JUGA:Tak Gentar untuk Terus Bersuara, Ade Armando: Lakum Dinukum Waliyadin...

Sebaiknya tutup jendela terutama yang menghadap matahari di siang hari. Gantung tirai, gorden, awning atau kisi-kisi di jendela yang menerima sinar matahari pagi atau sore.

2. Hindari Kontak dengan Matahari

Saat cuaca panas, ada baiknya menghindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Berdiam diri di rumah lebih baik daripada pergi ke luar saat cuaca terik.

Selain membahayakan kesehatan, kontak dengan sinar matahari langsung saat cuaca panas dapat menyebabkan sengatan matahari. Jika memungkinkan, hindari aktivitas fisik yang berat selama cuaca panas.

BACA JUGA:Ini Motif Wanita Misterius Bercadar Putih yang Resahkan Warga Lampung, Lancarkan Aksinya 1 Tahun Terakhir

Sumber: