Antusias Warga Sambut Pawai Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Antusias Warga Sambut Pawai Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Antusias warga menyambut pawai Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Senin 16 Mei 2022.-Hilman Fauzi-Kemenag RI

JAWA TENGAH, DISWAY.ID-Warga antusias rayakan festival Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Senin 16 Mei 2022. 

Setelah dua tahun tidak melaksanakan festival memperingati Hari Raya Waisak, tahun ini acara pawai Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur itu disambut meriah. 

Tak kalah antusiasnya, ribuan warga juga telah menanti arak-arakan pawai di sepanjang jalan Candi Mendut hingga Candi Borobudur. 

"Biasanya setiap tahun memang ada, Mbak. Kami warga di sekitar sini juga pasti nonton. Tapi dua tahun kemarin gak ada arak-arakan seperti ini," tutur Asti, salah satu warga desa yang berada di sekitar Candi Mendut. 

Bersama para Bikhu dari berbagai sangha, sejak pukul 05.30 WIB pagi, sekitar 1.200 umat Buddha sudah bersiap mengikuti pawai Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur. 

"Kalau Waisak, di sini memang ramai, Mbak. Yang senang bukan hanya orang Buddha. Kemarin pun kami ikut merasakan dikirim paket sembako, banyak isinya. Alhamdulillah," imbuhnya. 

Beberapa warga juga terlihat antusias merekam pawai arak-arakan tersebut dengan telepon pintar miliknya. Bahkan, beberapa tampak melakukan siaran langsung pada akun media sosial masing-masing. 

Setiap kali kendaraan hias berhenti di tengah kerumunan masyarakat, terdengar pula ucapan selamat Waisak disampaikan para warga.

BACA JUGA:Umat Buddha di Palembang Rayakan Hari Suci Waisak Secara Terbatas

"Selamat Hari Waisak, semoga berbahagia," ucap para warga yang berkerumun yang disambut dengan lambaian tangan tanda terima kasih dari para peserta pawai Waisak. 

Lain lagi dengan Yadi, yang sengaja berkendara sepeda motor dari Yogyakarta ke Magelang untuk melihat arak-arakan ini.

"Sengaja, Mbak. Sekalian ngasih tahu ke anak, biar ngerti begini lho kalau teman-teman Buddha merayakan Waisak," ujarnya mengutip, Kemenag RI, Senin 16 Mei 2022. 

BACA JUGA:Hari Raya Waisak, Momentum Umat Buddha Rayakan 3 Peristiwa Penting di Bulan Vesakha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: