Hadiri Rangkaian Puja Bhakti Waisak di Candi Borobudur, Ini Harapan Wamenag

Hadiri Rangkaian Puja Bhakti Waisak di Candi Borobudur, Ini Harapan Wamenag

Wamenag Zainut Tauhid saat memberi sambutan dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak, di Candi Agung Borobudur, Magelang, Senin 16 Mei 2022.--Kemenag RI

MAGELANG, DISWAY.ID-- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid menghadiri rangkaian Puja Bhakti Waisak di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin 16 Mei 2022.

Rangkaian kegiatan tersebut dalam merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhis. 

Wamenag saat memberikan sambutan berharap momentum Waisak ini menjadi kesempatan bagi umat Buddha untuk meneladani ajaran sang Buddha yang senantiasa menyebarkan cinta dan kasih. 

BACA JUGA:Ingat! Tahap Pelunasan Biaya Ibadah Haji Berakhir 20 Mei

"Keteladanan dari Sakyamuni Buddha dalam hal praktik Metta atau cinta kasih universal dapat kita aktualisasikan dalam kehidupan kita agar terwujudnya kehidupan beragama yang lebih moderat dalam bingkai NKRI," ujar Zainut Tauhid. 

Oleh karenanya, Wamenag juga meminta umat Buddha untu memanfaatkan Hari Tri Suci Waisak ini untuk menghormati dan merenungkan segala sifat luhur dari Triratna yaitu Buddha Dharma, dan Sangha.

Di hadapan ribuan umat Buddha, Wamenag menyampaikan, peringatan Tri Suci Waisak juga menjadi momentun untuk mengingat tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna dan kemangkatan Sang Buddha. 

BACA JUGA:Curug Parigi di Kota Bekasi Bak Air Terjun Niagara Versi Mini

Setelah dua tahun tidak dapat merayakan secara tatap muka, ribuan umat yang hadir tampak antusias untuk mengikuti ritual waisak di Candi Agung Borobudur.

"Pemerintah telah memberikan ijin kepada umat Buddha di Indonesia untuk melaksanakan perayaan waisak secara langsung atau tatap muka, berbeda dengan 2 (dua) tahun yang lalu mengingat pandemic covid-19," kata Wamenag sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag RI. 

BACA JUGA:Kelompok Pemuda Tawuran Rebutan Biduan Organ Tunggal Hingga 1 Orang Tewas di Lahat

Namun, ia mengingatkan kepada seluruh umat Buddha yang hadir agar tetap memperhatikan protokol kesehatan selama perayaan Tri Suci Waisak di kawasan Candi Agung Borobudur, yang masih berlangsung sampai malam ini. 

"Kita semua harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas," pesan Wamenag. 

BACA JUGA:Ayam Geprek Waroeng Goceng di Pelembang Suguhkan Banyak Pilihan Sambal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag ri