Google Akan Sembunyikan Ribuan Aplikasi di Play Store

Google Akan Sembunyikan Ribuan Aplikasi di Play Store

Ilustrasi/Play Store--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-Google dikabarkan akan menyembunyikan aplikasi Android yang sudah lama tidak di update oleh pembuatnya di Play Store. 

Jika dibandingkan dengan aplikasi Appel, secara total Google memiliki sekitar 869.000 aplikasi Android yang tidak mendapatkan update.  Sementara Apple hanya 650 ribu aplikasi. 

Mengutip Cnet, Senin 16 Mei 2022 Google sedang bersiap untuk menyembunyikan aplikasi itu, sehingga pengguna tidak bisa mengunduhnya sampai pengembang merilis update pada aplikasi tersebut. 

Menurut Google, pihaknya menyembunyikan seluruh aplikasi itu karena alasan untuk melindungi keselamatan penggunanya. 

BACA JUGA:Cara Bersihkan Cookie and Cache di Ponsel Android

Sebab, aplikasi itu tidak melakukan perubahan baik di Android maupun iOS pengembangan baru yang menawarkan perlindungan keamanan. 

Raksasa mesin pencari itu mengatakan aplikasi lama berpotensi memiliki masalah keamanan yang tidak dimiliki aplikasi baru.

Namun, sejumlah pengembang mengeluhkan rencana Google untuk menghapus aplikasi yang tidak update di Play Store selama dua tahun.

BACA JUGA:Instagram Uji Coba Fitur NFT

Mereka menyakini, keputusan Apple dan Google tidak adil dari sisi pengembang dengan alasan untuk keamanan pengguna. 

Dengan pemblokiran itu, pengguna dan pengembang di Rusia tidak bisa mengunduh atau meng-update aplikasi berbayar di perangkat mereka. (ddy/jpnn)

 

Sumber: