Bahaya Konsumsi Minum Dingin di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Bahaya Konsumsi Minum Dingin di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Hindari memilih minuman dingin di tengah cuaca panas ekstrem. -ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua unit kerja koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI, Muzal Kadim mewanti-wanti agar masyarakat tidak memilih minuman dingin di tengah cuaca panas ekstrem. 

Ya, saat ini di sebagian besar wilayah Indonesia tengah dilanda suhu panas ekstrem. Bahkan, di Jakarta suhu bisa mencapai angka 36 derajat celcius.

"Jangan terlalu dingin, karena ditakutkan malah memicu infeksi saluran napas akut," kata Muzal dalam dalam webinar yang digelar IDAI, ditulis Senin 16 Mei 2022. 

BACA JUGA:Update Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2021, Naik ke Peringkat 3

Menurut Muzal, bukan cuma air yang terlalu dingin, minum air panas atau hangat juga tidak dianjurkan diberikan kepada anak saat suhu ekstrem seperti saat ini. 

"Air panas tidak membuat suhu tubuh turun dengan cepat dan membuat anak tetap merasa panas," ujarnya.

"Prinsipnya kan memang untuk mendinginkan suhu tubuh, makanya minum air dingin tapi tidak terlalu dingin, jangan minum air hangat atau panas," sambungnya.

"Para orang tua sebaiknya lebih memerhatikan hal ini agar anak tak tersiksa di tengah cuaca yang cukup ekstrem ini," lanjutnya.

Terlebih lagi, Muzal juga meminta agar para orang tua tidak memberikan minuman dengan rasa-rasa tertentu seperti sirup saat cuaca panas ekstrem. 

BACA JUGA:Sukses Rebut Medali Emas, Kapolri Video Call Langsung Atlet Sepeda SEA Games: Perlu Dikirim Nasi Goreng?

"Minuman berperasa baik disajikan dalam kondisi hangat atau dingin bisa mengganggu saluran cerna, anak-anak juga akan lebih mudah batuk atau mengalami gangguan pencernaan," terangnya.

"Beri air putih dengan suhu normal, ini lebih sehat dan baik untuk anak," pungkansya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: