5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Salah Satunya Kopi

5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Salah Satunya Kopi

5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, --Pixabay/Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Konsumsi banyak cairan merupakan salah satu cara agar tetap terhindar dari dehidrasi saat cuaca panas yang terjadi saat ini.

Namun anda harus memperhatikan, tidak semua asupan cairan bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, pasalnya ada minuman yang mengandung kombinasi kafein dan gula berlebih.

Dikutip dari PMJ News, berikut sejumlah minuman yang bisa membuat tubuh dehidrasi:

BACA JUGA:Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2021, Pukul 19.00 WIB

1. Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lainnya digolongkan sebagai beberapa minuman yang paling bisa membuat dehidrasi.

Ahli diet Natalie Clair menyebut alkohol bersifat diuretic yang menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dari darah jauh lebih cepat daripada cairan lain. Itulah mengapa alkohol mengganggu mekanisme yang mengatur air dalam tubuh.

2. Soda

Ketika cuaca panas, minuman soda dingin memang terasa menggoda. Sayangnya, minuman bersoda hanya akan membuat Anda merasa lebih haus dari biasanya.

Menurut Clair, soda bisa meningkatkan kadar gula darah. Ketika gula darah atau glukosa darah naik, tubuh akan mengambil air dari sel-sel kita dalam upaya untuk mengembalikan kadar glukosa darah normal.

Ketika sel-sel kehilangan air, otak mendapat sinyal bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak air, menyebabkan rasa haus yang meningkat.

BACA JUGA:Update Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2021, Naik ke Peringkat 3

3. Jus

Selain soda, gula dalam jus juga bisa menyebabkan efek dehidrasi pada tubuh. Tak hanya itu, menurut ahli diet Mariam Eid, jus berbahan dasar buah pun bisa membuat dehidrasi.

4. Kopi

Ahli diet Trista Best mengatakan, kopi dan kafein dianggap sebagai penyebab dehidrasi.

Sumber: