PPDB Madrasah Kemenag 2022-2023 Resmi Dibuka, Simak Jadwal dan Cara Pendaftarannya

PPDB Madrasah Kemenag 2022-2023 Resmi Dibuka, Simak Jadwal dan Cara Pendaftarannya

Pendaftaran PPDB Madrasah Kemenag 2022-2023 resmi dibuka-ilustrasi-kemenag

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Madrasah Kementerian Agama 2022-2023 resmi dibuka bagi calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Madrasah.

PPDB Madrasah merupakan salah satu program yang mendukung misi Kementerian Agama untuk meningkatkan akses pendidikan umum dengan bercirikan agama. 

Berkaitan dengan hal itu, Madrasah sendiri adalah pendidikan yang memiliki ciri agama Islam di bawah bimbingan Kemenag.

Pendaftaran PPDB Madrasah Kemenag 2022

PPDB Madrasah Kemenag dibuka bagi dari jenjang Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasaha Aliyah Kejuruan (MAK).

PPDB Madrasah dilaksanakan dengan mekanisme daring atau online. Namun, hal itu tidak membatasi dilaksanakannya PPDB Madrasah secara luring atau offline jika memang diperlukan.

Penerimaan peserta didik baru pada Madrasah Kemenag yang dilaksanakan secara serentak diharapkan dapat berjalan dengan transparan, objektif, adil, kompetitif, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sesuai dengan tujuan tersebut, dalam pelaksanaannya nanti, setiap Madrasah diwajibkan mengumumkan penerimaan peserta didik baru secara terbuka. 

Hal-hal terkait persyaratan peserta, daya tampung, mekanisme seleksi, dan pengumuman hasil diumumkan secara terbuka pada laman resmi madrasah atau Kemenag kota/kabupaten/provinsi.

PPDB Madrasah juga menyediakan kuota untuk siswa berkebutuhan khusus. Juknis dari Kementerian Agama memberikan arahan pemberian kuota maksimal 10% bagi siswa berkebutuhan khusus.

Jadwal Pelaksanaan PPDB Madrasah

Bagi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri, PPDB daring telah dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2022 dalam mekanisme SNPDB.

Tes untuk ketiga madrasah tersebut dilaksanakan pada 26 – 27 Februari 2022, sedangkan hasilnya juga telah diumumkan pada 16 Maret 2022.

Sedangkan untuk MI, MTs, dan MA yang menggunakan sistem asrama, melaksanakan PPDB Madrasah pada bulan Maret hingga Mei 2022.

Sumber: